Sosok Manalang Doelag Kansil, Kakek Buyut Jordi Amat yang Jadi Raja Siau di Sulawesi Utara

MENGENAL Manalang Doelag Kansil, sang kakek buyut Jordi Amat yang merupakan Raja Siau di Sulawesi Utara. Nama Jordi Amat pasti sudah tak asing di telinga pencinta Timnas Indonesia.

Pemain keturunan Indonesia-Spanyol itu sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2022 silam. Ia pun kerap mencuri perhatian. Apalagi fakta jika ia memiliki keturunan darah biru dari salah seorang raja di Nusantara.

Jordi Amat

Diketahui, Jordi Amat merupakan keturunan seorang raja. Adalah Manalang Doelag Kansil, sang kakek buyut Jordi Amat yang merupakan Raja Siau di Sulawesi Utara.

Manalang Doelag Kansil atau populer dengan nama M.D Kansil merupakan seorang Raja Siau ke-17, yang memerintah sejak 1895 hingga 1909. Ia diketahui merupakan keturunan dari Paduka Raja Albertus Matingkolang Kansil.

Kerajaan Siau sendiri didirikan pada 1510 oleh Raja Pertamanya, yakni Lokombanua II atau Lokongbanua II. Selama menjadi Raja Siau, M.D Kansil menguasai beberapa wilayah yang cukup luas.

Di antaranya, Sangihe, Talaud, Tagulandang, Teluk Manado, Minahasa Utara, Kaidipang, dan Leok Buol. Wilayah tersebut ternyata adalah hasil ekspansi yang dilakukan oleh raja keempat Kerajaan Siau yakni Raja Don Fransiskus Xaverius Batahi.

Saat masih hidup, M.D Kansil diketahui memiliki lima orang istri, yakni Rachel Doali, Abigael Ponto, Agustina Ponto, Kadio, dan Bembeng. Jordi Amat sendiri menuruni darah Indonesia dari Agustina Ponto.

Jordi Amat

(Bukti Jordi Amat adalah keturunan kerajaan)

Agustina Ponto dikabarkan memiliki anak bernama Francine Kansil atau Sien Kansil yang dinikahi oleh pria berdarah Spanyol-Filipina bernama Villanueva. Setelah menikah, pasangan ini dikaruniai seorang anak bernama Isje Villnueva dan Etty Villanueva.

Singkat kisah, Isje Villanueva menikah dengan seorang Direktur Utama Perusahaan Kereta Api Belanda bernama Willie Maas. Dari pernikahan tersebut, Isje dan Willie dikaruniai anak bernama Jag Amat Maas.

Jag Amat Mass kemudian menikah dengan Liran Amat Maas. Dari perkawinan itu lahirlah Jordi Amat Maas serta ketiga adiknya.

Demikian pembahasan mengenai Mengenal Manalang Doelag Kansil, sang kakek buyut Jordi Amat yang merupakan Raja Siau di Sulawesi Utara.(Sumber)