Son Heung-min Menangkan Penghargaan Pemain Terbaik Asia 2022

Soccer Football - FA Cup - Fourth Round - Preston North End v Tottenham Hotspur - Deepdale, Preston, Britain - January 28, 2023 Tottenham Hotspur's Son Heung-min celebrates after the match Action Images via Reuters/Lee Smith

SON Heung-min menangkan penghargaan Pemain Terbaik Asia 2022. Ini merupakan penghargaan keenam secara beruntun untuk sang penyerang Timnas Korea Selatan sekaligus yang kedelapan sepanjang kariernya.

Penghargaan Pemain Terbaik Asia 2022 ini digelar oleh Titan Sports dengan melibatkan total 60 juri dari media negara-negara Asia dan juga undangan. Secara keseluruhan, Son Heung-min mendapatkan 256 poin dengan 30 dari 60 juri menempatkannya di urutan pertama.

Sang penyerang Tottenham Hotspur hampir selalu berada di lima besar dari setiap koresponden. Hanya lima orang saja yang tidak menyertakan pemain berusia 30 tahun ini dalam daftar.

Ini meneruskan tren positifnya sebagai Pemain Terbaik Asia selama enam tahun beruntun. Lebih jauh lagi, eks pemain Bayer Leverkusen ini ternyata telah memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Asia dalam delapan kali kesempatan di sepanjang kariernya.

Dalam hasil pemungutan suara tersebut, penyerang Iran yang membela FC Porto, Mehdi Taremi, berada di peringkat kedua dengan 120 poin. Bintang Arab Saudi yang memperkuat Al Hilal, Salem Al Dawsari, berada di peringkat ketiga dengan 112 poin.

Bek Korea Selatan dan Napoli, Kim Min-jae, ada di peringkat keempat dengan 99 poin. Kemudian, Kaoru Mitoma, pemain sensasional Jepang yang membela Brighton & Hove Albion, menempati urutan kelima dengan catatan 91 poin.

Dalam daftar ini, 10 besar dilengkapi oleh para pemain Jepang, yaitu Daichi Kamada, Ritsu Doan, Takehiro Tomiyasu, dan Wataru Endo. Uniknya, bintang Timnas Thailand, Theerathon Bunmathan, terselip di urutan kesembilan.

Theerathon Bunmathan

Theerathon Bunmathan, yang mengklaim penghargaan pemain terbaik Piala AFF 2022, bukan satu-satunya pemain Asia Tenggara yang ada dalam daftar. Ikhsan Fandi (Singapura) ada di peringkat ke-17 dan Nguyen Tien Linh (Vietnam) ada di urutan ke-29 dalam daftar 30 besar Pemain Terbaik Asia 2022.

Daftar 10 Besar Pemain Terbaik Asia 2022

1. Son Heung-min (Korea Selatan/Tottenham Hotspur)

2. Mehdi Taremi (Iran/FC Porto)

3. Salem Al Dawsari (Arab Saudi/ Al Hilal)

4. Kim Min-jae (Korea Selatan/Fenerbahce dan Napoli)

5. Kaoru Mitoma (Jepang/Royale Union Saint-Gilloise dan Brighton & Hove Albion)

6. Daichi Kamada (Jepang/Eintracht Frankfurt)

7. Ritsu Doan (Jepang/PSV Eindhoven dan Freiburg)

8. Takehiro Tomiyasu (Jepang/Arsenal)

9. Theerathon Bunmathan (Thailand/Buriram United)

10. Wataru Endo (Jepang/Stuttgart)

(Sumber)