Performa Menurun, Marcus/Kevin Mungkin Dipisah Usai Olimpiade Paris 2024

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, sejauh ini belum berhasil untuk kembali ke performa terbaik mereka. Jika hal tersebut terus terjadi, ada potensi pasangan berjuluk Minions itu akan dipisahkan usai Olimpiade Paris 2024.

Pernyataan mengejutkan itu pun disampaikan langsung oleh pelatih ganda putra Indonesia, Aryono Miranat. Menurutnya, ada kemungkinan Kevin dan Marcus tak lagi main bareng, namun ia menegaskan hal tersebut baru akan terwujud usai Olimpiade Paris 2024.

Aryono menilai tak mungkin memecah Minions dalam waktu dekat karena berkaitan dengan perjanjian dengan sponsor. Selain itu, pengumpulan poin menuju Olimpiade Paris 2024 juga akan dimulai pada Mei mendatang sehingga terlalu berisiko jika harus merombak pasangan yang ada saat ini.

“Kalau dalam waktu dekat kita belum (ingin memecah Minions). Mungkin Koh Herry (Pelatih Ganda Putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi) juga sudah bilang ya karena masalah sponsor, terus poin ke Olimpiade, masalah usia juga.

Kan kalau waktu dekat enggak mungkin,” kata Aryono kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (9/2/2023).

“Ya mungkin itu setelah Olimpiade. Kalau sekarang mikirnya harus panjang sih, karena yang lain juga udah solid. Kan enggak mungkin kalo diubah,” tambah pelatih berjuluk Coach Naga Air itu.

Ya, Minions –julukan Marcus/Kevin- masih belum bisa unjuk gigi lagi setelah Marcus menjalani operasi di pergelangan kakinya pada April 2022 lalu. Pencapaian mereka tahun lalu hanya menjadi runner up Denmark Open 2022.

Operasi yang dijalani Marcus itu pun membuat mereka terpaksa absen dalam banyak turnamen tahun lalu. Alhasil, mereka kehilangan status sebagai duet nomor satu dunia, yang telah mereka genggam dalam lima tahun terakhir, dan bahkan kini terlempar ke ranking 19 dunia.

Performa Marcus/Kevin pun belum meningkat di awal tahun 2023 ini. Dari tiga turnamen yang telah dilewati, mereka tersingkir di babak 16 besar Malaysia Open dan Indonesia Masters, serta gugur di babak perempat final India Open. Bahkan, Marcus kembali menderita cedera otot perut ketika mentas di Istora Senayan.

Dengan usia Kevin yang akan menginjak 28 tahun pada 2023 ini, banyak publik yang menilai sebaiknya dia dicarikan pasangan baru untuk bisa bangkit lagi.

Pasalnya, Marcus berusia empat tahun lebih tua darinya sehingga performanya mulai menurun, apalagi setelah sering diganggu cedera.(Sumber)