News  

Ini 4 Ibadah Sunnah Berlimpah Pahala Selama Ramadhan

Pastikan untuk selalu menimba banyak pahala di bulan Ramadan dengan selalu beribadah kepada Allah SWT. Supaya semakin banyak pahala, berikut ini ibadah sunnah yang bisa dikerjakan selama Ramadan dengan pahala berlimpah.

Kurang beberapa hari lagi umat Islam di seluruh dunia akan menyambut kedatangan bulan Ramadhan 2023. Bulan Ramadan menjadi bulan istimewa di mana seluruh umat muslim yang sudah akil balig diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Selain puasa, terdapat sejumlah ibadah sunnah selama Ramadan yang dianjurkan untuk dikerjakan umat Islam.

Bulan ke-9 di tahun Hijriah ini menjadi bulan yang sangat istimewa di mana amal saleh yang dikerjakan akan dilipatgandakan pahalanya. Tak hanya ibadah wajib, umat Islam juga bisa mengerjakan sejumlah amalan sunnah yang sering dikerjakan Nabi Muhammad SAW ketika bulan Ramadan.

4 Ibadah Sunnah di Bulan Ramadan

Berikut beberapa ibadah sunnah di Bulan Ramadhan yang sangat dianjurkan dikerjakan oleh umat Islam:

1. Perbanyak Tadarus Al Quran

Di bulan Ramadan, paling tidak umat Islam bisa mengkhatamkan satu kali. Semakin banyak khatam Al-Quran maka akan semakin baik. Hal ini sebagaimana dianjurkan oleh banyak ulama.

2. Mendirikan Sholat Tahajud

Mendirikan sholat tahajud di bulan Ramadan, akan memberikan banyak pahala kepada Anda. Lakukan ibadah ini di sela-sela santap sahur, supaya bisa memperoleh keberkahan serta pahala dari Allah SWT.

Setelah sholat tahajud dianjurkan juga untuk berdoa kepada Allah SWT, agar senantiasa diberi perlindungan dari Allah SWT.

3. Memberi Makan Kepada Orang yang Berpuasa

Selanjutnya adalah dengan memberi makan kepada orang yang berpuasa. Dari Zaid bin Khalid Al Juhani radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah bersabda:

“Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu. (HR. At Tirmidzi No. 807, Ahmad No. 21676, An Nasai dalam As Sunan Al Kubra No. 3332, Al Baihaqi dalam Syuabul Iman No. 3952).

4. Bersedekah

Nabi Muhammad SAW semakin banyak melakukan sedekah di bulan Ramadan. Bahkan kisah Nabi Muhammad SAW bersedekah telah ditulis Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma, yang menceritakan menceritakan:

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia yang paling dermawan, dan kedermawanannya semakin menjadi-jadi saat Ramadhan apalagi ketika Jibril menemuinya. Dan, Jibril menemuinya setiap malam bulan Ramadhan dia bertadarus Al Quran bersamanya. Maka, Rasulullah benar-benar sangat dermawan dengan kebaikan laksana angin yang berhembus. (HR. Bukhari No. 3220).

Itu tadi informasi mengenai 4 ibadah sunnah di bulan Ramadan, yang apabila dikerjakan akan memperoleh banyak pahala. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda untuk mendapatkan banyak pahala di bulan Ramadan. {sumber}