10 Pebulutangkis Dunia Pernah Jadi Korban Smash Silang Mematikan Rian Ardianto

ADA 10 pebulu tangkis dunia yang pernah jadi korban smash silang mematikan Rian Ardianto. Salah satu di antaranya merupakan juara All England 2019.

Seperti diketahui, Muhammad Rian Ardianto merupakan pebulu tangkis Indonesia, yang bermain di sektor ganda putra. Ia berpasangan bersama Fajar Alfian.

Saat ini, pasangan Fajar Alfian/Rian Ardianto menempati posisi pertama dunia BWF untuk nomor ganda putra. Keduanya pun baru jadi juara All England 2023.

Melihat prestasi tersebut, tentu tak terlepas dari penampilan apik pasangan ini. Terlebih Rian Ardianto, yang dikenal memiliki smash mematikan. Bahkan, dalam catatannya, Rian Ardianto pernah membuat pebulu tangkis dunia jadi korban smash mematikannya. Lantas, siapa saja pebulu tangkis yang dimaksud?

Berikut 10 pebulu tangkis dunia yang pernah jadi korban smash silang Rian Ardianto:

10. Liang Wei Kang/Wang Chang (China)

Liang Wei Kang/Wang Chang

Dimulai dari Liang Wei Kang/Wang Chang. Pasangan asal China ini merasakan smash mengerikan dari Rian Ardianto ketika bertemu di final Malaysia Open 2023. Ketika itu Fajar/Rian menang dengan skor 21-18 dan 21-13.

9. Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea Selatan)

Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae

Selanjutnya ada Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae. Masih di turnamen yang sama yaitu Malaysia Open 2023. Pasangan Korea Selatan itu dibikin tercengang dengan smash Rian Ardianto. Saat itu, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae bertekuk lutut 18-21 dan 17-21 dari Fajar/Rian di babak semifinal.

8. Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia)

Ong Yew Sin/Teo Ee Yi

Kemudian ada Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, ganda putra asal Malaysia. Kali ini aksi Rian Ardianto turut membantunya merebut tiket semifinal Malaysia Open 2023. Sebab, di laga perempatfinal, Fajar/Rian menang dengan skor 14-21, 21-16, dan 21-17 atas Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

7. Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China)

Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi

Berikutnya ada Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, yang merupakan ganda putra China. Fajar/Rian berjumpa mereka di semifinal BWF World Tour Finals 2022. Di laga itu Rian Ardianto mampu memberikan smash keras kepada Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. Sayang, Fajar/Rian kalah 20-22, 21-11, dan 19-21.

6. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang)

Takuro Hoki/Yugo Kobayashi

Di posisi enam, ada Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, yang pernah jadi korban Rian Ardianto. Saat itu, Takuro/Yugo bertanding lawan Fajar/Rian di fase Grup A BWF World Tour Finals 2022. Di laga itu, Fajar/Rian mampu menang dalam dua gim dengan skor 21-18 dan 21-15. Mereka juga berhasil lolos ke semifinal turnamen tersebut.

5. Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (Korea Selatan)

Choi Sol Gyu/Kim Won Ho

Bukan hanya, pasangan Jepang, utusan Korea Selatan, Choi Sol Gyu/Kim Won Ho juga pernah dibuat malu oleh Rian Ardianto. Ketika itu Fajar/Rian menghadapi pasangan Korea Selatan itu di fase Grup A BWF World Tour Finals 2022. Fajar/Rian berhasil menang dua gim langsung, 23-21 dan 21-17.

4. Marcus Gideon/Kevin Sanjaya

Marcus Gideon/Kevin Sanjaya

Laga seru tersaji di final Denmark Open 2022, antara Fajar/Rian vs Marcus Gideon/Kevin Sanjaya. Namun, Fajar/Rian sukses keluar jadi juara usai membungkam kompatriotnya itu. Aksi smash Rian Ardianto turut mengantarkan kemenangan baginya dengan skor 21-19 dan 28-26 atas Marcus/Kevin.

3. Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia)

Aaron Chia/Soh Wooi Yik

Selain Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, Aaron Chia/Soh Wooi Yik juga pernah jadi korban keganasan Rian Ardianto. Pasangan Malaysia itu berjumpa dengan Fajar/Rian di semifinal Malaysia Masters 2022. Ketika itu, Fajar/Rian mampu mengamankan kemenangan dengan skor 21-14, 19-21, dan 21-10.

2. Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang)

Takeshi Kamura/Keigo Sonoda

Ketangguhan Rian Ardianto sudah terlihat sejak lama. Ya, ketika Fajar/Rian bertemu Takeshi Kamura/Keigo Sonoda di final Korea Open 2019, mereka mampu tampil apik. Smash Rian Ardianto membuatnya bersama Fajar Alfian menang dengan skor 21-16 dan 21-17.

1. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Tak hanya deretan pebulu tangkis yang sudah disebutkan sebelumnya. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pernah jadi korban keganasan Rian Ardianto. Itu terjadi di semifinal BWF World Tour Championship 2022.

Sayangnya, Fajar/Rian gagal mendulang kemenangan. Mereka kalah dari juara All England 2019 tersebut dalam tiga gim, 21-23, 21-12, dan 16-21.(Sumber)