News  

Wow! Fenomena Alam Langka di Ramadhan 1444 H: 5 Planet Bentuk Formasi Sejajar

Bulan Ramadhan tahun ini bakal muncul fenomena 5 planet di Tata Surya yang berderet sejajar. 5 planet tersebut adalah Yupiter, Merkurius, Venus, Uranus, dan Mars.

Dikutip dari Sciencealert, fenomena 5 planet sejajar ini akan membentuk formasi bujur, tepat di samping bulan. Planet Venus disebut akan mudah dilihat dengan mata telanjang.

Hal ini lantaran planet Venus merupakan objek langit paling terang setelah matahari dan bulan. Namun untuk planet lainnya akan sulit dilihat dengan mata telanjang.

Untuk bisa melihat fenomena langka ini, Anda harus menjauh dari tempat yang dipenuhi lampu. Pergi ke lokasi sangat gelap sebelum matahari terbenam.

Berdiri di pegunungan misalnya, dan melihat ke pemandangan ke ufuk barat yang jelas dan tidak terhalang saat matahari terbenam.

Selain itu, Anda juga harus menggunakan teropong untuk bisa melihat fenomena langka tersbeut. Bahkan untuk bisa melihat Uranus, Anda harus menggunakan teleskop bintang.

Fenomen formasi planet sejajar ini berpeluang terjadi lagi pada tahun ini tepatnya pada 11 April dan 24 Agustus. Lau juga terjadi lagi pada 17 Juni 2023.

Sementara untuk bulan ini, fenomena formasi planet sejajar akan terjadi pada 28 hingga 31 Maret 2023.(Sumber)