Gol Riko dan Krmencic Bawa Persija Jakarta Sikat Persib Bandung 2-0

Persija Jakarta berhasil mengalahkan Persib Bandung pada pekan ke-31 kompetisi Liga 1 2022-2023. Bertanding di Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi, pada Jumat, 31 Maret 2023, pada laa bertajuk El Clasico, tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut berhasil menang dengan skor akhir 2-0.

Duel Persija dan Persib berlangsung sengit sejak awal babak pertama. Kedua tim sama-sama kesulitan membuat peluang mencetak gol lantaran kerap terjadi duel sengit di lini tengah. Sengitnya pertarungan di lini tengah tergambar pada statistik pertandingan pada babak pertama dengan adanya 12 pelanggaran yang dilakukan Persija, sedangkan 11 pelanggaran dilakukan Persib Bandung.

Meski begitu, Persija Jakarta mampu bermain lebih efektif. Tim asuhan Thomas Doll mampu mencetak peluang emas pada menit ke-35. Berawal dari tusukan pada sisi kanan pertahanan Persib, Witan Sulaeman mengirim bola kepada Riko Simanjuntak. Bola diteruskan menjadi umpan matang ke dalam kotak penalti. Aji Kusuma berhasil menanduk bola, tetapi sundulannya tepat mengarah ke gawang Riki Rahayu.

Pada masa injury time babak pertama, Riko Simanjuntak berhasil memecah kebuntuan. Ia berhasil memanfaatkan kelengahan lini bertahan Persib Bandung. Berawal dari kesalahan back pass Frets Butuan, Riko berhasil mencuri bola dan melesakkan bola ke gawang Persib Bandung. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Persib Bandung berusaha keluar dari tekanan. Namun, pressing tinggi Persija Jakarta mempersulit tim asuhan Luis Milla mendekat ke gawang Macan Kemayoran. Pada menit ke-55, transisi serangan balik cepat Persib hasil kerja sama Marc Klok dan Ciro Alves juga mentah.

Pada menit ke-57, Luis Milla melakukan perubahan dengan pergantian pemain. Marc Klok, Victor Igbonefo, dan Frets Butuan keluar, Beckham Putra, Kakang Rudianto, dan Ricky Kambuaya masuk. Milla berusaha tampil lebih agresif, tetapi para pemain Persib tetap kesulitan membongkar permainan rapat Persija.

Alih-alih mencari gol penyeimbang, Persib Bandung kembali lengah. Berawal dari skema tendangan sudut, Riko Simanjuntak mengirim umpan matang ke dalam kotak penalti. Michael Krmencik berhasil memenangkan duel udara dan gol terjadi pada menit ke-72. Skor 2-0 untuk Persija Jakarta.

Persib berusaha mengurung pertahanan Persija pada sisa pertandingan. Mereka menguasai 71 persen penguasaan bola pada babak kedua dan mencetak empat peluang yang tak satu pun mengancam gawang Andritany Ardhiyasa. Skor 2-0 bertahan hingga akhir pertandingan.

Kemenangan membuat Persija Jakarta berada di peringkat ketiga klasemen Liga 1 dengan 57 poin dari 31 pertandingan. Mereka berselisih dua poin dari Persib Bandung yang berada di peringkat kedua. Adapun PSM Makassar kokoh di puncak setelah mengalahkan Madura United dengan skor 3-1.

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Muhammad Ferarri, Ondrej Kudela, Hansamu Yama, Rio Fahmi, Resky Fandi, Syahrian Abimanyu, Firza Andika, Riko Simanjuntak, Aji Kusuma, Witan Sulaeman;
Pelatih: Thomas Doll

Persib Bandung: Reky Rahayu; Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Rachmat Irianto, Frets Butuan, Dedi Kusnandar, Robi Darwis, Marc Klok, Daisuke Sato, Ciro Alves, David Da Silva;
Pelatih: Luis Milla

(Sumber)