Tekno  

Kamera IPhone, Dulu Keunggulan Kini Ketinggalan

 

Di masa silam, iPhone bolehlah disebut paling jago dalam soal kualitas kamera. Tapi sekarang iPhone dinilai sudah ketinggalan dibandingkan beberapa vendor ponsel Android.

“Satu hal yang dulu adalah contoh kepemimpinan Apple dibanding Android, kamera iPhone tidak lagi berada di posisi atas dalam daftar alasan untuk menginginkan iPhone,” tulis Vlad Savov, kolumnis teknologi The Verge.

“Kamera iPhone sudah tertinggal dan saat ini hal itu adalah sesuatu yang cenderung sudah diterima oleh para user,” tambah dia.

Ia memaparkan bahwa 4 tahun lampau, untuk bisa mengalahkan iPhone, vendor lain harus dapat melebihi kameranya. Selain masalah kualitas tinggi, kamera iPhone juga begitu mudah digunakan.

“Pada saat itu, Apple memiliki titel tak terbantahkan untuk kamera mobile terbaik, dengan kombinasi unik foto kualitas tinggi serta kemudahan pemakaian,” sebut Vlad.

Namun perlahan tapi pasti, vendor Android mengejar dan kemudian, keadaan mulai berbalik. Tahun 2016, kamera ponsel Google Pixel disebut sebagai terobosan. Diikuti oleh Huawei P20 Pro yang disebut melampaui Pixel.

Google merespons dengan perkenalan mode Night Sight untuk menghasilkan foto bagus dalam kondisi gelap. Huawei kembali membalas dengan kehadiran P30 Pro dengan 5x optical zoom serta mampu menghasilkan foto terang meski suasana gelap gulita

Di pihak lain, penguasa pasar Samsung juga makin hebat dalam soal kamera. Belum lagi vendor besar lain semacan Oppo, Vivo sampai Xiaomi menghadirkan beragam terobosan.

Maka, patut ditunggu bagaimana kemampuan kamera di iPhone terbaru nanti, apakah sekadar penambahan kualitas sekadarnya atau bakal ada inovasi besar. Tentu Apple perlu bertindak agar kamera iPhone bisa kembali di posisi depan. [detikdetik]