Ini Daftar 5 Timnas Terbaik Yang Tak Pernah Diakui FIFA

DERETAN 5 timnas terbaik yang tidak diakui FIFA akan diulas oleh okezone pada artikel ini. Sepakbola telah menjadi olahraga paling banyak penggemar di seluruh dunia. Di bawah naungan FIFA, setiap negara berlomba-lomba untuk dapat menjadi tim sepakbola terkuat di seluruh dunia.

Namun ternyata ada pula negara yang tidak terdaftar sebagai anggota FIFA. Hal ini membuat segala bentuk kegiatan persepakbolaan tersebut tidak diakui oleh federasi sepakbola dunia tersebut. Lantas, siapa saja negara yang

Berikut 5 timnas terbaik yang tidak diakui FIFA:

5. Timnas Abkhazia

Timnas Abkhazia

Abkhazia merupakan sebuah negara yang terletak di pesisir laut hitam, berbatasan dengan Georgia. Sejak merdeka pada 1990, Abkhazia baru mendirikan federasi sepakbola pada 2007.

Kendati belum diakui menjadi anggota FIFA, Timnas Abkhazia telah melakoni berbagai pertandingan internasional. Pada 2011, Abkhazia melakoni pertandingan melawan Nagorno-Karabakh dengan hasil imbang 1-1 saat bermain di kandang.

Namun, mereka kalah 0-3 saat bermain tandang. Pada 2013, Abkhazia berhasil menggasak Ossetia dengan skor 3-0. Bahkan, Abkhazia berhasil menjadi juara Piala Dunia CONIFA 2016 setelah menang adu penalti atas Panjab.

4. Timnas Nice

Timnas Nice

Berada di kawasan Prancis, Timnas Nice didirikan guna mempromosikan sepakbola, budaya serta identitas daerah Nice. Timnas Nice tergabung dengan federasi CONIFA, yang merupakan federasi sepakbola dunia selain FIFA. Bahkan, Timnas Nice pernah menjadi juara Piala Dunia CONIFA 2014 setelah melewati babak adu penalti melawan Ellan Vannin.

3. Timnas Basque

Timnas Basque

Selanjutnya ada Timnas Basque. Negara ini menjadi wilayah yang ingin memisahkan diri dari Spanyol. Sayangnya, usaha referendum Basque pada 2008 lalu gagal dan ditolak Spanyol. Kendati demikian, Basque masih berupaya untuk merdeka.

Basque juga diketahui telah memiliki tim nasional sendiri. Timas ini berisikan pemain-pemain Liga Spanyol, Athletic Bilbao. Meski tidak diakui FIFA, Basque kerap melakukan uji coba dengan negara lain. Bahkan, Timnas Basque diperkuat Iker Munian dan Inaki Williams.

2. Timnas Padania

Timnas Padania

Berikutnya ada Timnas Padania. Negara ini masih bagian dari Italia Utara. Meski belum resmi merdeka, Padania telah memiliki tim nasional mereka sendiri,

Bahkan Timnas Padania telah menjuarai Piala Dunia CONIFA pada 2008, 2009 dan 2010. Kendati tidak diakui oleh FIFA, UEFA atau bahkan federasi Italia, Padania telah diakui oleh NF Board yang merupakan organisasi sepakbola internasional yang menaungi tim nasional yang tidak diakui FIFA.

1. Timnas Catalunya

Timnas Catalunya

Catalunya resmi berdiri sebagai negara republik setelah merdeka pada 2017 lalu. Timnas yang berdomisili di Catalan ini, banyak diisi oleh pemain Liga Spanyol dari Espanyol dan Barcelona.

Sejatinya, Timnas Catalunya telah ada sejak 1912 silam. Bahkan, pada 2009, Catalunya pernah mengalahkan Argentina dengan skor 4-2! Selain itu mereka juga pernah membantai Honduras 4-0 dan terakhir pernah bermain imbang melawan Tunisia dengan skor 3-3.

Itulah deretan 5 timnas terbaik yang tidak diakui FIFA.(Sumber)