News  

Samuel F Silaen: Belum Mulai Anies Sudah Ciut Nyali Lawan Ganjar, Kenapa?

Pesan khusus bakal calon presiden Anies Baswedan kepada relawan soal adanya lawan yang besar di Pemilu 2024 menimbulkan tanda tanya.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Studi Masyarakat dan Negara (Laksamana), Samuel F. Silaen menilai, ada kesan ketakutan yang diperlihatkan Anies kepada relawan setelah deklarasi bakal calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo.

“Pertandingan belum dimulai, namun capres besutan Nasdem itu seolah-olah sudah ‘ciut’ nyalinya hingga dia harus berpesan ‘ketakutan’ kepada relawannya. Apakah figur capres Ganjar menakutkan bagi Anies?” kata Samuel F. Silaen kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (24/4).

Pesan Anies kepada relawan yang disampaikan dalam sebuah video berdurasi 3.44 menit itu perlu diklarifikasi agar tidak menjadi bola liar di masyarakat, khususnya kepada relawan pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Kalau memaknai pesan itu, artinya Anies sudah kena mental dong. Capres baru muncul saja sudah menakutkan baginya, sebab deklarasi baru sebatas pengumuman, belum sampai pada tahap pendaftaran ke KPU RI,” sambung Silaen.

Sejatinya, sikap Anies tidak perlu ditunjukkan secara berlebihan. Sebab menurut Silaen, tahapan Pilpres 2024 masih cukup panjang hingga benar-benar resmi ditetapkan oleh penyelenggara pemilu.

“Tapi dengan kemunculan capres PDIP itu sudah menggetarkan hati sanubari Anies. Kira-kira, apa yang membuat Anies begitu takjub kepada sosok Ganjar? Karena didukung partai penguasa atau karena apa?” tandas mantan fungsionaris DPP KNPI itu.(Sumber)