2 Tunggal Putra Indonesia Tersukses di Badminton Asia Championship

Sebanyak dua tunggal putra Indonesia tersukses di Badminton Asia Championship akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya adalah sang legenda Taufik Hidayat.

Ajang Badminton Asia Championship (BAC) 2023 akan dihelat pada pekan ini. Hari Selasa (25/4/2023) ini, laga-laga perdana akan digelar hingga final yang akan dimainkan pada 30 April 2023 mendatang.

Sonny Dwi Kuncoro

Indonesia mengirim tiga wakil untuk tunggal putra. Mereka adalah Jonatan Christie, Anthony Ginting, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Sejatinya, tunggal putra Indonesia memiliki sejarah yang bagus di ajang Badminton Asia Championship. Sebab, ada dua di antara mereka yang pernah memenangkan BAC dalam tiga kali kesempatan.

Yang pertama adalah Sonny Dwi Kuncoro. Tercatat, Sonny pernah sukses menjuarai BAC pada tahun 2002, 2003, dan 2005 silam.

Sang legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat, juga pernah sukses mencatatkan tiga gelar juara di ajang ini. Taufik memenangkannya pada tahun 2000, 2004, dan 2007 silam.

Taufik Hidayat

Dengan tiga raihan gelar tersebut, Taufik Hidayat dan Sonny Dwi Kuncoro menjadi salah satu dari wakil Indonesia yang meraih gelar terbanyak di ajang ini. Total, Indonesia telah memenangkan delapan gelar di nomor ganda putra pada ajang BAC.

Yang terbanyak dipersembahkan oleh ganda putra, yaitu 10 gelar. Ganda campuran menyusul dengan raihan delapan gelar, sedangkan ganda putri memiliki empat juara dan tunggal putri juara tiga kali di ajang ini.(Sumber)