Takluk 0-3 Dari Thailand, Tim Bulutangkis Beregu Putri Indonesia Hanya Raih Perak SEA Games 2023

Tim bulu tangkis putri Indonesia gagal meraih medali emas dan hanya bisa menyumbang medali perak di SEA Games 2023 setelah kalah dari Thailand di final yang berlangsung hari ini, Kamis, 11 Mei 2023.

Bermain di Morodok Techo Badminton Hall, Phnom Penh, Kamboja, Komang Ayu Cahya Dewi dan Ester Nurumi Tri Wardoyo yang turun sebagai tunggal putri pertama dan kedua, keduanya kalah. Ganda putri pertama, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi juga gagal menyumbang poin.

Thailand meraih kemenangan dengan 3-0 melalui Lalinrat Chaiwan dan Supanida Katethong dari tunggal putri, dan ganda putri Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Di nomor beregu putri ini, tim bulu tangkis Indonesia memulai kiprahnya dengan mengalahkan tuan rumah Kamboja 3-0 di perempat final. Berikutnya, Komang Ayu dan rekan-rekannya menaklukkan Filipina dengan skor sama untuk maju ke final.

“Hasil ini memberikan pengalaman bagi pemain-pemain putri kita. Mereka kan pemain muda, harus buat lebih yakin dalam bermain,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia, Rionny Mainaky, dikutip dari rilis yang dibagikan tim media PP PBSI.

“Tadi semua yang turun cukup kasih tekanan ya ke lawan, harusnya bisa ramai bahkan bisa menang menurut saya,” kata Rionny.

Menurut Rionny, Komang Ayu sudah bermain bagus tetapi harus bisa mengembangkan lagi cara menekannya. “Saat memimpin harus lebih lagi tekanannya.”

Ana / Tiwi, kata dia, startnya kurang bagus. Kemudian, mereka mulai menemukan ritme tapi masih banyak salah sendiri. Menurut Rionny, pasangan ini belum konsisten dalam bermain.

Kabidbinpres PP PBSI itu menilai Ester juga sudah bermain bagus. “Pukulan dan pola main sudah benar tapi masih kurang variasi. Ini harus terus diperbaiki dan ditingkatkan di perorangan. Saya harap kalau bertemu lagi dengan lawan tadi, kita bisa revans.”

Terlepas dari semua catatan yang diberikan, Rionny bersyukur dengan pencapaian medali perak dari beregu putri.

Setelah bermain di nomor beregu, Komang Ayu dan rekan-rekannya akan bermain di nomor individu dan diharapkan bisa menambah raihan medali dari bulu tangkis di SEA Games 2023.

Hasil pertandingan tim bulu tangkis Thailand lawan Indonesia di final SEA Games 2023

Tunggal putri 1
Lalinrat Chaiwan vs Komang Ayu Cahya Dewi, skor 21-19, 21-17

Ganda putri 1
Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai vs Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, skor 21-11, 21-15

Tunggal putri 2
Supanida Katethong vs Ester Nurumi Tri Wardoyo, skor 21-11, 21-12

Ganda putri 2
Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard vs Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose

Tunggal putri 3
Pitchamon Opatnuputh vs Mutiara Ayu Puspitasari

(Sumber)