Cedera Lutut Parah, Christian Adinata Pasrah: Mungkin Disuruh Istirahat Sejenak

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Christian Adinata, dipastikan mengalami cedera lutut parah. Mendapati kondisi ini, Christian Adinata pun bereaksi dengan bijak dan terbilang cukup santai.

Christian Adinata memilih memasrahkan dirinya kepada Tuhan. Dia pun mengatakan kondisinya saat ini mungkin menjadi pentunjuk bahwa harus beristirahat sejenak dari dunia badminton.

Christian Adinata

“Pada pesimis amat, enjoy aja nikmatin jalannya. Bapaku di Surga sudah membawa saya sampai sejauh ini bukan untuk kegagalan, mungkin ini disuruh istirahat sebentar dari dunia badminton karena terlalu ngegas sampe lupa ngerem,” tulis Christian di Instagram-nya, @christianadinata16, Senin (29/5/2023).

Ya, Christian menerima kenyataan pahit bahwa dirinya mengalami cedera parah di lutunya karena insiden saat tampil di semifinal Malaysia Masters 2023. Bermain pada Sabtu 27 Mei 2023, melawan wakil India, Prannoy HS, Christian sejatinya beraksi tanpa kendala.

Namun akhirnya, pertandingan terpaksa dihentikan pada gim pertama kala Christian tertinggal di angka 17-19. Pasalnya, Christian Adinata terkilir ketika melompat untuk membalas pukulan Prannoy di bagian belakang lapangan.

Kaki Christian kala itu terlihat menapak dengan posisi yang kurang baik. Alhasil, lututnya tampak mengalami masalah hingga membuatnya meringis kesakitan. Christian Adinata akhirnya keluar lapangan dengan menggunakan kursi roda.

Pebulu tangkis berusia 21 tahun itu pun kemudian menjalani tes MRI di Jakarta pada Senin 29 Mei 2023. Berdasarkan hasil pemeriksaan, dia mengalami cedera lutut cukup parah.

Bahkan, ligament tempurung Christian Adianata mengalami robek. Dia juga memgalami memar tulang bagian lutut dan cartilage defect pada tulang lutut.

Setelah kabar itu tersebar, pencinta bulu tangkis Tanah Air berbondong-bondong memberi dukungan kepada Christian. Mereka khawatir cedera itu bakal mempengaruhi masa depan peraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja itu.

Sebelumnya, pada siang ini Ketua Bidang Medis PP PBSI, Prof Dr dr Nicolaas C Budhiparama, PhD, SpOT (K), FICS, mengungkapkan hasil tes MRI Christian. Dia menjelaskan secara detail apa yang dialami oleh Christian yang setidaknya tidak boleh menekuk lututnya selama tiga pekan ke depan. Namun, belum diketahui berapa lama dia akan absen hingga pulih kembali.

Christian Adinata

“Saat ini, Christian memang perlu tindakan untuk proses penyembuhan cedera lutut. Dari hasil MRI, cedera lututnya memang cukup parah,” kata Christian dikutip dari rilis PBSI, Senin (29/5/2023).

“Ligamen tempurung robek. Selain itu juga ada memar tulang bagian lutut dan cartilage defect pada tulang lutut,” tambahnya.

“Siang ini, darah beku di bagian lutut dievakuasi dulu. Lalu, sebagai bagian penyembuhan, dalam tiga minggu ke depan, lutut Christian tidak boleh ditekuk dahulu,” jelasnya.

Akibat cedera ini, Christian Adinata juga dipastikan absen di ajang Thailand Open 2023 yang akan mulai bergulir besok. Selain Christian Adinata, tunggal putra lain Indonesia juga akan absen, yakni Shesar Hiren Rhustavito.(Sumber)