News  

Benarkah Anies Baswedan Naik Haji Diundang Kerajaan Arab Saudi?

Cuitan Dream Tour dalam IG-nya @dreamtour.official mengucapkan, “Terimakasih kepada Bapak Anies yang telah memilih dreamtour sebagai teman perjalanan ibadah haji untuk keluarga di tahun 1444 H“.

Cuitan ini menjadi pangkal tudingan kalau Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Rasyid Baswedan berbohong diundang menunaikan rukun Islam kelima, Haji, oleh Kerajaan Arab Saudi.

“Saya mendapat undangan kerajaan dari Arab Saudi. Dan bersyukur kita diberikan tempat tinggal di guest house kerajaan di samping Masjidil haram,” ujar bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan itu dalam wawancaranya di salah satu stasiun televisi nasional.

Hal serupa, Anies Rasyid Baswedan sampaikan kepada beberapa orang terpercaya, Kamis pagi, 22 Juni 2023 di Pendopo Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta. Sebelum berangkat meninggalkan tanah air. “Kami diundang Kerajaan Arab Saudi, haji itu panggilan,” tutur Anies Baswedan.

Tudingan Anies Baswedan berbohong setelah beredar video seperti dibagikan oleh Jhon Sitorus. Menurut narasi Loyalis Ganjar Pranowo, Jhon Sitorus. Nama Anies Baswedan tidak ada dalam daftar 50 tamu Raja Salman.

Padahal berdasarkan video yang juga viral saat penjemputan Calon Presiden, Anies Rasyid Baswedan di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Tampak jelas dalam video itu, Anies Rasyid Baswedan dijemput oleh protokol dan mobil kerajaan. Simbol kerajaan terlihat jelas di kendaraan yang ditumpangi oleh Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Rasyid Baswedan.

Sedangkan menurut informasi dari sumber terpercaya yang mengetahui keberangkatan Anies Baswedan melaksanakan rukun Islam kelima, “Anies memang benar diundang oleh Raja Salman,” kata sumber itu.

Berkembangnya tudingan bahkan fitnah terhadap Bakal calon presiden, Anies Rasyid Baswedan yang berpotensi besar memenangi Pilpres 2024 lantaran ada calon presiden lainnya yang juga sedang menunaikan ibadah haji bukan sebagai undangan Raja Salman.

Ada pihak yang iri. Iri itu senang melihat orang susah, susah melihat orang senang. Lantaran calon presidennya tak diundang Raja Salman. Sehingga mencari narasi seolah-olah Anies Rasyid Baswedan berbohong keberangkatannya menunaikan ibadah haji atas undangan Raja Salman.

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain” [QS. an-Nisa: 32]

Lagian tak ada rekam jejak Anies Rasyid Baswedan berbohong. Bila ada tudingan Anies Rasyid Baswedan sebagai pembohong alias tukang ngibul. Silahkan tunjukkan satu saja fakta kalau Anies Baswedan pernah berbohong.

Bandung, 9 Dzulhijjah 1444/27 Mei 2023
Tarmidzi Yusuf, Kolumnis