News  

Jimly Asshiddiqie Soal Beda Hari Idul Adha: Masa Sudah 15 Abad Tak Selesai!?

Mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie yang bertindak sebagai khatib pada salat Idul Adha di Masjid Al-Azhar menyinggung perbedaan hari salat Id. Mestinya, kata dia, perbedaan itu bisa diselesaikan.

Jimly mengatakan, hakikat Idul Adha adalah persatuan. Ia menyimbolkan peristiwa wukuf jemaah di Arafah. Baginya itu adalah simbol persatuan umat muslim.

“Pertemuan seluruh umat Islam sedunia di Makkah, wukuf di Padang Arafah itu kayak kongres umat Islam, jadi kalau ada masalah dunia Islam diselesaikan di situ,” kata Jimly kepada wartawan seusai menunaikan salat Id di kompleks Al-Azhar, Rabu (28/6).

Semestinya, kata dia, di Indonesia juga sudah tidak ada perbedaan salat Idul Adha. Sebab acuannya adalah wukuf di Arafah. Bila di sana, jemaah haji wukuf, maka di Tanah Air masuk hari-H Idul Adha. Meski ada perbedaan waktu sekitar 6 jam.

“Allah cuma satu, kiblat cuma satu, iya kan? Maka kalender Islam seharusnya, yah, satu saja gitu, lho,” ungkap Jimly.

Ia mengaku heran, perbedaan yang sudah terjadi 15 abad tidak selesai-selesai. Padahal teknologi berkembang, bahkan waktu wukuf sudah bisa dicari dan diketahui lewat mesin pencari Google.

Kondisi ini berbeda dengan beberapa abad yang lalu ketika orang haji masih perlu berbulan-bulan.
“Masa, sudah 15 abad enggak selesai-selesai juga, perbedaan pendapat hisab rukyat, masing-masing dengan teori-teori lama, zona, wilayah, kan sekarang sudah ada mazhab Google yah, Google saja,” ungkap Jimly.

Oleh karena itu, Jimly berharap persoalan tersebut bisa diselesaikan ke depannya. Menyepakati kalender Islam yang dipusatkan ke Makkah.
“Jadi kita mengharapkan ulil amri di semua negara-negara anggota OKI itu segera bisa menyelesaikan kalender Islam,” pungkasnya.
Pesan soal masalah kalender Islam ini juga disampaikan Jimly dalam khutbahnya.

Penetapan hari salat Idul Adha Indonesia tahun ini memang ada perbedaan. Ada yang menunaikannya hari ini, Rabu (28/6), sementara versi pemerintah dilaksanakan besok, Kamis (29/6).(Sumber)