Anies Baswedan: Dikagumi Dunia, Dinanti Indonesia

Jauh sebelum Anies Rasyid Baswedan seperti hari ini. Dunia sudah mengakuinya. Pada tahun 2004, Anies Baswedan menerima penghargaan Gerald Maryanov Fellow dari Departemen Ilmu Politik Universitas Northern Illinois. Penghargaan bergengsi ini hanya diberikan kepada mahasiswa terbaik, dan Anies Baswedan adalah salah satunya.

Pada 2008 Majalah Foreign Policy memasukkan Anies Baswedan dalam 100 intelektual publik dunia. Anies Baswedan merupakan orang Indonesia satu-satunya dalam daftar 100 intelektual publik dunia.

Tahun 2010 atau 13 tahun yang lalu. Anies Baswedan telah dinobatkan sebagai satu dari 20 tokoh yang membawa perubahan dunia untuk 20 tahun mendatang oleh majalah Foresight yang terbit di Jepang akhir April 2010.

Dalam edisi khusus yang berjudul “20 Orang 20 Tahun”, Foresight mengulas 20 tokoh yang diperkirakan bakal menjadi perhatian global karena mereka diprediksi berperan dalam perubahan dunia dua dekade mendatang.

Nama Anies Baswedan dicantumkan bersama 19 tokoh dunia lain seperti Perdana Menteri, saat ini, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Venezuela Hugo Chavez, Menteri Luar Negeri Inggris David Miliband, anggota Parlemen dan Sekjen Indian National Congress India Rahul Gandhi, serta politisi muda Partai Republik dan anggota House of Representative AS, Paul Ryan.

Masih di tahun 2010. Anies Baswedan menerima penghargaan dari The Royal Islamic Strategic Studies Center, Jordania. Anies Baswedan sebagai The 500 Most Influential Muslims; 500 Muslim berpengaruh di dunia.

Ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta, tahun 2019 Jakarta diakui sebagai satu dari tiga kota terbaik dunia. Dua kota lainnya adalah Pune (India), dan Kigali (Rwanda). Apresiasi ini diberikan untuk perbaikan sistem transportasi dan mobilitas kota. Prestasi ini diperoleh pada ajang Sustainable Transport Award yang diselenggarakan di Forteleza, Brazil.

Prestasi yang mencengangkan pada tahun 2021, Anies Baswedan dinobatkan sebagai salahsatu pahlawan transportasi dunia atau 21 Heroes 2021. Anies Baswedan masuk dalam jajaran 21 tokoh dunia yang mampu mengembangkan sistem transportasi urban berkelanjutan pilihan lembaga Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

Dengan masuk dalam 21 Heroes 2021 tersebut, Anies Baswedan sejajar dengan sejumlah tokoh dunia, termasuk pendiri Tesla dan Space X, Elon Musk. TUMI sendiri adalah lembaga nirlaba asal Jerman yang mendorong inisiatif kebijakan transportasi urban berkelanjutan di seluruh dunia.

Ini karya monumental Anies Baswedan yang mengundang kekaguman dunia. Jakarta International Stadium (JIS) dan balap mobil listrik Formula E tahun 2022. Sebuah prestasi yang amat sulit diwujudkan oleh Gubernur DKI Jakarta sebelumnya. Hanya Anies Baswedan yang bisa mewujudkan mimpi besar warga Jakarta oleh seorang calon pemimpin besar Indonesia yang akan datang.

Rekam jejak Anies Baswedan diakui tak hanya di Indonesia. Dunia pun mengakui dan mengaguminya. Walaupun ada upaya pihak tertentu untuk mendegradasi dan menghapus jejak prestasi Anies Baswedan selama memimpin DKI Jakarta. Seperti penghancuran Tugu ‘Jakarta Kota Kolaborasi’ dan wacana renovasi JIS.

Sesuai prediksi majalah Foresight 13 tahun silam. Anies Baswedan bakal menjadi salahsatu tokoh yang berperan dalam perubahan dunia. Tahun 2024 akan menjadi cikal bakal tokoh perubahan itu mengukir sejarah Indonesia baru. Mewujudkan janji kemerdekaan.

Seperti pernah Anies Baswedan katakan; “Meluruskan jalan, menghadirkan kesetaraan, dan meraih kemajuan yang berkeadilan. Gagasan ini ditulis dengan keyakinan bahwa setiap kita punya mimpi besar untuk masa depan Indonesia”.

Bandung, 12 Dzulhijjah 1444/1 Juli 2023
Tarmidzi Yusuf, Kolumnis