Comeback Gemilang, PSM Makassar Tumbangkan Home United 3-2

Sempat tertinggal dua gol, PSM Makassar bangkit untuk menang 3-2 atas Home United di matchday kelima Piala AFC 2019. Hasil ini membawa mereka melaju ke fase gugur.

Berlaga di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (2/4/2019), Juku Eja tampil menyerang sejak menit awal laga. Peluang pertama mereka hasilkan pada menit ke-11.

Guy Junior berhasil meloloskan diri di kotak penalti Home United. Namun bola tembakannya masih melambung dari gawang kawalan Nazri Sabri.

Satu menit kemudian Juku Eja kembali menebar ancaman kali ini melalui Muhammad Arfan. Menerima sodoran bola dari Zulham Zamrun, pemain 22 tahun ini melepas sepakan melengkung dari tepi kotak penalti yang masih melebar tipis di kanan gawang Home United.

Di menit ke-2O, William Pluim punya peluang emas untuk membuka keunggulan PSM. Pemain asal Belanda ini tak terkawal di usai mendapat umpan dari Zulham.

Namun sepakan kerasnya di depan kotak penalti Home United masih mampu ditahan oleh Nazri. Kegemilangan kiper 29 tahun ini mampu meredam serangan PSM hingga babak pertama usai, sehingga skor tetap 0-0.

Selepas jeda, tim tamu yang lebih banyak tertekan di babak pertama lebih berani untuk tampil menyerang. Hasilnya Home United mampu mengejutkan PSM dengan mencetak gol di menit ke-51 lewat Hafiz Nor.

Memanfaatkan umpan Amiruldin Asraf di depan kotak penalti PSM, Hafiz melakukan gerakan membalik badan yang mengecoh Taufik Hidayat. Ia kemudian melepas sepakan mendatar yang tak mampu ditahan Rivky Mokodompit.

Empat menit berselang, Hafiz kembali menjadi momok bagi lini belakang pasukan Darije Kalezici. Ia berhasil menggandakan kedudukan timnya usai menerima umpan terobosan Song Ui Young.

Terlepas dari perangkap offside, pemain 30 tahun ini melakukan tendangan keras yang menggetarkan jala tuan rumah. Tertinggal 0-2 oleh, PSM berusaha untuk bangkit.

Upaya mereka membuahkan hadiah penalti pada menit ke-59 setelah Ha Wai Loon melakukan handball. Marc Klok yang maju sebagai eksekutor sukses mengubah memperkecil ketertinggalan PSM.

Di menit ke-77, Klok berhasil mencetak golnya di laga ini sekaligus mengubah skor menjadi 2-2. Pemain asal Belanda ini membobol gawang Nazri lewat sepakan jarak jauh melengkung dari luar kotak penalti.

Sukses menyamakan kedudukan, melecut PSM untuk mencetak gol kemenangan. Hasilnya mereka mampu membalikan keadaan lewat gol Guy Junior.

Penyerang naturalisasi Indonesia ini mengubah skor menjadi 3-2 pada menit ke-86. Ia mencetak gol lewat tendangan keras ke sudut kiri gawang Home United usai menerima umpan dari Pluim.

PSM berhasil menjaga keunggulan ini hingga laga berakhir. Skor 3-2 mengakhiri laga di Pakansari.

Kemenangan tersebut membawa PSM memastikan melaju ke semifinal zona ASEAN sebagai juara Grup H. Poin 11 yang kini dikumpulkan mereka sudah tak mungkin lagi terkejar oleh tim lain.

Sementara bagi Home United, kekalahan di kandang PSM membuat posisi mereka harus turun ke urutan ketiga. Wakil Singapura tersalip oleh Kaya-Iloilo yang di laga lain menang 5-1 atas Lao Toyota.

Susunan Pemain

PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Beny Wahyudi, Aaron Evans, Munhar, Taufik Hidayat; Marc Anthony Klok, Asnawi Mangkualam Bahar, Wiljan Pluim, M Arfan; Zulham Zamrun, Guy Junior

Home United: Nazri Sabri; Jumaat Jantan, Abdil Qaiyyim Mutalib, Mohammed Faritz, Ho Wai Loon; Muhammad Izzdin, Muhammad Hami Syahin, Adam Swandi; Song Ui Young, Hafiz Nor, Amiruldin Asraf [detik]