News  

Inilah Doa Anies Baswedan Untuk Indonesia Selama Ibadah Haji

Bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan mengaku tak henti-hentinya memanjatkan doa selama ibadah haji. Doa ia rapalkan pertama untuk ibunda beserta keluarganya.

“Kita mendoakan buat semuanya, saya mendoakan untuk ibu saya, saya mendoakan untuk keluarga saya,” kata Anies saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu dini hari (12/7/2023).

Anies menuturkan dirinya juga mendoakan masyarakat dan bangsa Indonesia agar dijauhkan dari bencana dan perpecahan. “Kami mendoakan semoga bangsa ini dijauhkan dari bencana, dijauhkan dari perpecahan,” ujar Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap Indonesia dilimpahkan rasa persatuan dan kebersamaan. “Insya Allah menjadi bangsa yang rukun, maju, dan merasakan keadilan,” kata Anies.

Anies menyebut dirinya diberikan kemudahan selama menjalani ibadah haji. Seluruh rangkaian ibadah haji, kata dia, berjalan dengan lancar dan baik. “Kami merasakan pengalaman haji yang luar biasa,” ucapnya.

Dia pun mendoakan agar seluruh warga Indonesia yang pergi haji dapat menjalankan ibadah itu dalam keadaan sehat dan kembali ke Tanah Air menjadi haji yang mabrur.

Lebih lanjut Anies mengaku tidak memikirkan politik sama sekali saat beribadah haji. Menurut Anies, dirinya juga tidak berdoa soal nama calon wakil presiden yang bakal menemaninya berlaga di Pilpres 2023. “Di sana full ibadah, kami semua beribadah dan berdoa,” ungkap Anies.

Anies mengatakan selama di Arab Saudi, bertemu dengan sejumlah tokoh, salah satunya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang juga merupakan bakal calon presiden yang akan bersaing dengannya di Pilpres 2024. Menurut Anies, dalam pertemuan itu tak ada pembahasan ihwal politik. Seluruh tenaga, kata dia, difokuskan pada ibadah haji. “Itu semua memperkaya pengalaman Haji,” tutup dia.

Seperti diketahui, Anies beserta rombongan keluarga melaksanakan ibadah haji sejak tanggal 22 Juni 2023. Selain melakukan ibadah haji, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu juga melakukan berbagai kunjungan dan ziarah di Tanah Suci.

Kepulangannya dari Tanah Suci langsung disambut oleh para relawan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pantauan Inilah.com, Anies tiba sekitar pukul 01:43 WIB. Ia keluar dari Gate 2 Terminal 3 Bandara Soetta mengenakan pakaian muslim berwarna biru, didampingi istrinya Fery Farhati.

AHY langsung menyambut hangat Anies. Keduanya pun saling memberi hormat dan pelukan. Para relawan juga tampak antusias menyambut kepulangan Anies sembari meneriaki ‘Anies Presiden, Anies Presiden, Anies RI 1!.”

Anies pun merespons riuh sorakan para relawan dengan senyum sumringah dan lambaian tangan. Tak lupa, Anies juga menyempatkan diri menyapa para awak media yang sudah menunggu.
(Sumber)