News  

Lucky Mangkey Jadi Arsitek UMKM Merdeka oleh DPP APINDO Sulut dan UN Manado

Sukses penandatanganan MOU Program UMKM Merdeka antara DPP APINDO Sulut dengan Universitas Nusantara (UN) Manado di Kantor DPP APINDO Sulut, penyerahan MoU diserahkan di acara puncak Dies Natalis UN dan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda ke- 24 tahun 2023.

Abid Takalamingan, S.Sos, MH mewakili Ketua DPP APINDO Sulut Nicho Lieke, MBA hadir memberikan sambutan pada acara Dies Natalis tersebut sekaligus menyerahkan dokumen MoU dalam rangka UMKM Merdeka didampingi sekretaris DPP APINDO Sulut Hence Karamoy.

Sementara UN oleh Rektor Dr (Cand). Drs. Teddy Manueke, MM didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Obet Unsong, S.Sos, M.Si dan Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama dan Telematika Lucky Mangkey, SE, M.Kom.

Diketahui DPP APINDO Sulawesi Utara terus berinovasi untuk kemajuan daerah Sulawesi Utara. Dan terkait Sumber daya manusia dan kemajuan dunia usaha di Sulawesi Utara, kembali sebuah terobosan dilakukan dimana telah ditanda tangani MOU program UMKM Merdeka yang merupakan program nasional dari DPN APINDO, antara DPP APINDO Sulut dan Universitas Nusantara Manado.

Bertempat di sekretariat APINDO sulut di kawasan Bahu mall pada beberapa hari selasa(11/7/2023) lalu, hadir dan menanda tangani MOU ketua DPP APINDO Sulawesi Utara Nicho Lieke, MBA dan Rektor Universitas Nusantara Teddy Manueke.

Turut menyaksikan pengurus APINDO Sulut Audy Lieke, H. Abid Takalamingan, S.Sos, MH, Hence Karamoy, Richo Soeselisa dan Lucky Mangkey, SE, M.Kom, wakil rektor IV Universitas Nusantara bidang Kerja Sama dan Telematika yang juga Ketua APINDO Kota Manado.

Secara resminya program ini langsung diperkenalkan di hadapan wisudawan wisudawati serta mahasiswa universitas Nusantara pada saat sidang senat terbuka wisuda angkatan 24 tahun 2023, di hotel Luwansa pada hari Kamis (13/7/2023). Dalam kesempatan ini langsung diadakan penyerahan dokumen MOU antara kadua pihak di hadapan para wisudawan, mahasiswa dan undangan.

Ketua DPP APINDO Sulawesi Utara Nicho Lieke, MBA memberikan apresiasi kepada Universitas Nusantara yang terus menghasilkan SDM handal untuk mendukung berbagai program pemerintah untuk kemajuan Sulawesi Utara.

DPP APINDO Sulawesi Utara Bersama Universitas Nusantara mendapat kehormatan dan kesempatan untuk bisa ikut terlibat dalam memajukan daerah Sulawesi Utara yang terus berkembang melalui kepemimpinan Gubernur bapak Olly Dondokambey dan wakil gubernur bapak Steven Kandow.

Dikatakan Nicho Lieke dalam memajukan dunia usaha dan SDM maka DPN APINDO membuat program UMKM Merdeka yang akan segera dilaksanakan di Sulut. Universitas Nusantara adalah perguruan tinggi yang bergerak cepat menangkap peluang ini dan langsung diwujudkan dengan sebuah MOU.

“Program Apindo UMKM Merdeka ini merupakan kolaborasi dunia usaha dan dunia pendidikan, terutama perguruan tinggi dengan tujuan agar ada sinergisitas antara kebutuhan UMKM dan dunia pendidikan. UMKM jumlahnya sangat banyak dan harus diakui UMKM adalah tulang punggung perekonomian Namun, perkembangan UMKM memerlukan sentuhan sistem pengelolaan keuangan, pemasaran, permodalan, produksi, pengemasan, dan lainnya. Dan Perguruan tinggi yang secara nasional memiliki program Kampus Merdeka, Merdeka Belajar juga membutuhkan ruang dalam pelaksanaanya. Di situlah Apindo berperan mensinergikan dimana mahasiswa yang memiliki kemampuan secara teori yang didapat dikampus membutuhkan ruang untuk mengaplikasikan teorinya melalui program Kampus Merdeka ini, “ujar Nicho Lieke Ketua APINDO Sulut.

Wakil ketua Apindo Sulut Audy Lieke menambahkan bahwa jika mahasiswa magangnya diperusahaan-perusahan besar, tidak akan maksimal karena perusahaan besar sudah memiliki sistem yang baku. Kalau di UMKM mahasiswa dituntut membantu UMKM membenahi berbagai kekurangan UMKM dengan bekal teori mahasiswa dari kampus. Sehingga mahasiswa benar-benar bisa mengaplikasikan ilmunya. Program ini sudah ada dan dimulai di Lampung dan akan segera dimulai di Sulawesi Utara.

“Tentang manfaat program itu. Mahasiswa mengaku memiliki kemampuan dan kemauan membuat usaha sendiri setelah mengikuti program ini. Sebab sudah memahami bagaimana membangun dan menjalankan usaha sendiri sementara, UMKM merasa terbantu oleh mahasiswa dalam membuat kemasan yang menarik, pemasaran melalui media sosial, hingga mengurus berbagai perizinan perusahaan. Program ini benar-benar bermanfaat dan sekarang dikembangkan jadi program Nasional, “tambah Audy Lieke.

Sulut patut bersyukur dengan penanda tanganan MOU ini dimana program UMKM Merdeka akan segera dimulai dengan telah ditandatanganya MOU antara DPP APINDO Sulawesi Utara dan Universitas Nusantara. UN adalah Perguruan Tinggi Swasta pertama di Pulau Sulawesi yang bekerja sama dengan DPN APINDO melalui DPD APINDO Sulut. Penyerahan dokumen MOU ini sendirinya diserahkan pada saat kegiatan Wisuda Universitas Nusantara ke 24 tahun 2023.

Mahasiswa dan undangan yang hadir pada saat ini mengapresiasi program ini dan berharap bisa mendapatkan kesempatan emas untuk membangun Indonesia melalui program ini.

Ketua Yayasan Universitas Nusantara Susan Margaretha Palilingan, S.Ked memberikan apresiasi yang tinggi untuk kerja-kerja cerdas dari semua elemen di UN khususnya Wakil Rektor IV Lucky Mangkey, SE, M. Kom yang telah membangun jembatan Link and Match antara DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Pendidikan melalui kerja sama ini. Kami berharap akan ada banyak mahasiswa UN yang akan sukses menjadi pengusaha dan bahkan sukses menjadi pendamping pengusaha melalui program UMKM Merdeka ini, demikian tutup wanita cantik yang pernah menyandang gelar Nona Manado, Noni Sulut dan Putri Bahari Indonesia.