News  

Kejagung Geledah Kantor Maqdir Ismail, Cari Sosok S Yang Kembalikan Rp.27 Miliar

Kejaksaan Agung (Kejagung) tengah menggeledah kantor pengacara Maqdir Ismail yang berada di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada Kamis (13/7) hari ini.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi mengatakan penggeledahan dilakukan untuk memastikan pihak yang menyerahkan uang sebesar US$1,87 juta atau setara Rp27 miliar kepada Maqdir Ismail.

 

Dari hasil pemeriksaan terhadap Maqdir dan rekannya Andika Honggowongso, penyidik hanya mendapatkan inisial sosok yang menyerahkan uang yakni ‘S’.

“Inisialnya ‘S’ tapi latar belakang dan asal dari mana, maksud dan tujuannya, sampai hari ini kami tidak tahu. Oleh karenanya pada hari ini juga, kami melakukan pemeriksaan kantor yang bersangkutan untuk mencari alat bukti terkait siapa yang menyerahkan,” ujarnya dalam konferensi pers, Kamis (13/7).

Kuntadi menuturkan langkah tersebut juga sekaligus bertujuan untuk menentukan status hukum uang yang diserahkan ke penyidik.

“Pendalaman masih kami perlukan dalam rangka untuk menentukan status uang tersebut. Apakah benar bisa dipergunakan untuk alat bukti atau untuk memulihkan kerugian negara atau malah sekedar barang temuan,” jelasnya.

Sebelumnya Maqdir tampak hadir di Gedung Bundar, Kejagung, pada pukul 10.15 WIB. Maqdir yang menggunakan jas berwarna hitam terlihat menghadiri pemeriksaan bersama sejumlah asisten pribadinya.

Maqdir nampak dibantu kedua asistennya untuk membawa uang senilai Rp27 M dalam bentuk dolar Amerika Serikat tersebut. Ia menyebut bentuk pengembalian tersebut merupakan komitmen kliennya agar kasus tersebut dapat menjadi terang benderang.

“Komitmen kami atas nama klien kami, jumlah uang yang kami bawa senilai 1,8 juta dollar amerika. Uang ini akan kami serahkan atas nama Irwan untuk recovery terhadap hal yang sudah pernah dia terima,” tuturnya.

“Sebagai komitmen ini yang kami bawa, mudah-mudahan ini akan memberi terang, lebih memperjelas posisi klien kami Irwan dalam perkara ini,” imbuhnya.(Sumber)