SOKSI Jadi Ormas dan Organisasi Sayap Terpopuler Periode Juni 2023

Organisasi sayap bagi sebuah partai adalah penyempurna gerakan politik. Jika sebuah partai politik adalah badan, maka organisasi sayap adalah institusi yang bisa membawa partai untuk bisa terbang. Organisasi sayap biasanya digunakan partai politik untuk meraup suara sektoral dan segmentatif yang tidak terjamah organisasi utama.

Kelompok sektoral dan segmentatif yang dimaksud misalnya adalah para pemuda, perempuan, kelompok kerja seperti buruh, ASN, petani, kelompok agama tertentu dan lain-lain. Dengan menggunakan organisasi sayap, gerakan sebuah partai politik untuk menggaet mereka baik sebagai kader ataupun simpatisan akan semakin mudah. Bisa dimaknai bahwa organisasi sayap dapat difungsikan sebagai laboratorium kader.

Partai Golkar pun menggunakan skema organisasi sayap ini untuk menjalankan agenda politiknya. Ada 11 organisasi sayap termasuk 3 hasta karya (organisasi pendiri) yang menjadi bagian penting dari gerakan politik Partai Golkar.

Kesebelas organisasi tersebut adalah, Kosgoro 1957, Ormas MKGR, SOKSI, AMPI, AMPG, KPPG, IIPG, Pengajian Al Hidayah, Satkar Ulama, Himpunan Wanita Karya, dan MDI. Berdasarkan karakter masing-masing organisasi, ada beberapa perbedaan dan kesamaan di antara organisasi ini. Semisal AMPG dan AMPI memiliki karakteristik yang serupa dalam hal organisasi sayap yang dikhususkan kepada kelompok pemuda.

KPPG, IIPG dan Himpunan Wanita Karya pun memiliki peran dalam segmentasi laboratorium kader kaum perempuan. Sementara Pengajian Al Hidayah, Satkar Ulama dan MDI juga memiliki persamaan pada peran mengorganisir kelompok keagamaan dari agama Islam.

Perbedaannya ada pada detail fungsi masing-masing organisasi. Yang jelas, keberadaan mereka sebagai organisasi sayap Partai Golkar tidak saling tumpang tindih. Mereka ada untuk saling melengkapi dan menyempurnakan gerakan politik Partai Golkar.

Keberadaan masing-masing organisasi sayap Partai Golkar ini juga patut ditelisik. Popularitas menjadi ukuran kami untuk menelisik eksistensi gerakan politik masing-masing organisasi sayap Partai Golkar. Indikator yang kami gunakan untuk mengukur eksistensi organisasi sayap Partai Golkar adalah pemberitaan. Kami juga menyematkan kata populer untuk organisasi sayap yang paling banyak menghasilkan pemberitaan.

Untuk di peringkat pertama ada organisasi hasta karya, yakni SOKSI. Untuk bulan Juni 2023, SOKSI menghasilkan 326 pemberitaan. Pemberitaan sebanyak itu bagi SOKSI menghasilkan reach sebesar 1,3 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai SOKSI didominasi oleh pemberitaan tentang tokohnya, Bambang Soesatyo atau Bamsoet yang menjadi Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI dan Ketua MPR RI. Nama Bamsoet seringkali dilekatkan dengan pemberitaan mengenai SOKSI. Selain itu, ada pula kabar mengenai dilantiknya Sahrul Gunawan sebagai Ketua SOKSI Kabupaten Bandung dan pemberitaan lainnya.

Di urutan kedua ada organisasi sayap Partai Golkar yang khusus sebagai laboratorium kader kelompok muda, AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia). Organisasi yang digawangi oleh Wamendag Jerry Sambuaga ini memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 187 berita. Reach yang dicapai oleh pemberitaan AMPI adalah sebesar 2,7 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai AMPI di antaranya adalah mengenai keterangan salah satu kader AMPI yang terkesan menyerang Ketua DPD I Partai Golkar Sumut dan Wagub Sumut, Musa Rajekshah. Ada juga berita mengenai kunjungan pemuda demokratik Korea ke DPP AMPI dalam rangka kerjasama pengembangan bidang kepemudaan. Banyak pula disorot mengenai HUT AMPI ke-45 tahun yang dirayakan di kantor DPP Partai Golkar.

Organisasi kepemudaan Partai Golkar lainnya, AMPG (Angkatan Muda Partai Golkar) menduduki peringkat ketiga sebagai organisasi sayap Partai Golkar yang paling banyak diberitakan sepanjang bulan Juni 2023. Jumlah pemberitaan terkait AMPG adalah sebanyak 159 berita dengan reach sebesar 689.268 jangkauan.

Pemberitaan terkait organisasi yang dipimpin Ilham Permana ini didominasi mengenai kabar organisasi massa bayaran yang menggunakan nama AMPG dalam demonstrasi saat penyelenggaraan Rakernas DPP Partai Golkar. AMPG ini bermakna Aliansi Masyarakat Peduli Golkar, menutup pemberitaan mengenai AMPG yang asli.

Untuk AMPG (Angkatan Muda Partai Golkar) sendiri memiliki beberapa pemberitaan yang populer, antara lain AMPG Kaltara yang menyambut baik putusan MK terkait pemberlakuan sistem Pemilu proporsional terbuka di tahun 2024. Lalu ada kabar mengenai bergabungnya Hanyen Trenggono, yang memutuskan bergabung dengan AMPG Kuningan.

Di tempat keempat, ada organisasi hasta karya lainnya, organisasi yang mendirikan Partai Golkar, yakni Kosgoro 1957 yang menghasilkan 156 pemberitaan dengan reach sebesar 779.975 jangkauan. Pemberitaan mengenai Kosgoro 1957 agaknya tersebar di daerah.

Tempat terakhir atau di posisi kelima ada organisasi keperempuanan Partai Golkar, KPPG (Kesatuan Perempuan Partai Golkar). Untuk Juni 2023, organisasi yang digawangi oleh Airin Rachmi Diany ini memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 137 berita dengan jangkauan mencapai 263.158 reach.

Organisasi sayap lainnya untuk bulan Juni 2023 ini memiliki pencapaian pemberitaan yang lebih rendah dibanding 5 organisasi sayap Partai Golkar teratas yang telah kami bahas sebelumnya. Semoga dengan pengukuran intensitas pemberitaan bulanan ini, masing-masing organisasi sayap bisa lebih mengintensifkan lagi pemberitaan.

5 Sayap dan Ormas Partai Golkar Paling Populer Berdasar Pemberitaan Juni 2023:

SOKSI
Ketua Umum: Ahmadi Noor Supit
Total: 326 pemberitaan
Reach: 1,3 juta jangkauan

AMPI
Ketua Umum: Jerry Sambuaga
Total: 187 pemberitaan
Reach: 2,7 juta jangkauan

AMPG
Ketua Umum: Ilham Permana
Total: 159 pemberitaan
Reach: 689.268 jangkauan

Kosgoro 1957
Ketua Umum: Dave Laksono
Total: 156 pemberitaan
Reach: 779.975 jangkauan

KPPG
Ketua Umum: Airin Rachmi Diany
Total: 137 pemberitaan
Reach: 263.158 jangkauan {golkarpedia}