News  

PNS Bandara Ngurah Rai Terlibat Jual Beli Ginjal, Diberhentikan Sementara

Kanwil Kemenkumham Bali memberhentikan sementara petugas konter kantor Imigrasi Ngurah Rai berinisial AH karena terlibat kasus jual ginjal. Kemenkumham Bali mencabut status dan hak AH sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Penghentian status dan hak tersebut buntut keterlibatan AH atas dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) pada kasus jual beli ginjal oleh sindikat internasional Indonesia-Kamboja. Kini, AH sudah berstatus tersangka dan ditahan polisi.

“Ada satu anggota Imigrasi Ngurah Rai berinisial AH dan sudah ditahan pihak Polda Metro Jaya. Karena dia sudah ditahan, akan dihentikan sementara (status PNS-nya) sampai proses hukumnya final,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Anggiat Napitupulu, dilansir detikBali, Sabtu (22/7/2023).

Anggiat menegaskan pihaknya menghormati dan menunggu proses hukum yang dijalankan Polda Metro Jaya terkait kasus tersebut. Apabila AH sudah masuk dan melalui proses peradilan, serta terbukti bersalah, dia akan dipecat.

“Hak-hak dia (AH) sebagai pegawai negeri dihentikan. Sampai nanti proses hukumnya final atau inkrah. Baru nanti ada keputusan selanjutnya. Dipecat atau tidak. Kalau dia bebas, ya nggak dipecat. Kalau dia terbukti, ya pasti dipecat,” kata Anggiat.

AH, yang merupakan pindahan dari kantor Imigrasi Belawan sejak akhir Oktober 2022, memang bertugas untuk memeriksa kelengkapan dokumen orang Indonesia yang akan bepergian dan datang dari luar negeri. Dia yang memberi tanda izin bertolak dan masuk.

Menurut Anggiat, AH awalnya tidak tahu kalau akan ada sindikat jual beli ginjal internasional asal Indonesia yang akan bertolak ke Kamboja. Namun, entah bagaimana kelanjutannya, AH menerima sejumlah uang dari para sindikat agar dapat bertolak dan berdagang ginjal di Kamboja. {sumber}