News  

Saiful Halim: Transportasi Jakarta Yang Semula Kusut Kini Tertata Lewat Sentuhan Anies

Bakal calon presiden atau bacapres Anies Baswedan jika menang di Pilpres 2024 diminta bisa mewujudkan keadilan dan kesetaraan untuk daerah di luar Jawa.

Anies dianggap sebagai sosok konkret karena pengalamannya saat menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Politikus Partai Ummat itu mengaku mendukung Anies karena ingin melihat keadilan dan kesetaraan bisa direalisasikan di seluruh Jawa dan luar Jawa. Kata dia, bukan hanya Jakarta. Bagi Saiful, Anies sebagai sosok yang konkret ingin memberikan persamaan hak dan pemerataan kesempatan secara nyata di tengah banyaknya ketimpangan.

Dia pun memuji Anies yang konsisten dan berhasil memasukkan aspek keadilan sosial dalam berbagai programnya di Jakarta.

sebelas pulau terluar yang masuk Jakarta akhirnya bisa menikmati kebutuhan dasar yang lebih setara dengan daratan. Ia menyebut kebutuhan itu seperti pemenuhan air bersih, aliran listrik 24 jam, ketersediaan bahan pokok, serta keterjangkauan transportasi antar pulau.

Dalam Laporannya Terhadap Rocky Gerung Pun, dia mengapresiasi gebrakan Anies di Jakarta yang dinilai berhasil lakukan perbaikan kualitas layanan pada sektor angkutan umum dalam kolaborasi yang fair.

Kebijakan itu menurutnya dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Dia menyebut kondisi transportasi di Jakarta saat ini aman dan nyaman.

Caleg DPR dari daerah pemilihan Kalimantan Selatan itu juga menyebut langkah Anies yang melakukan integrasi transportasi umum dari berbagai moda. Saiful mencontohkan gebrakan Anies itu salah satunya dengan menyulap angkot menjadi moda transportasi bersubsidi Jak-Lingko.

Ia bilang kebijakan itu sangat efektif dan terjangkau serta mendapat penghargaan dunia. “Transportasi Jakarta yang tadinya dikenal kusut dan penuh masalah kini rapih, tertib, nyaman dan aman melalui sentuhan Anies yang memasukkan aspek keadilan dan pemerataan pada setiap kebijakannya,” kata Saiful, dalam keterangannya, Jumat, 4 Agustus 2023.

Dia menyebut dengan banyak transportasi umum yang terintegrasi dan terjangkau bisa menyelesaikan banyak persoalan sekaligus. “Program nyata yang bernuansa pemerataan dan berkeadilan seperti ini harus diduplikasi ke seluruh Indonesia,” lanjut Saiful.

Lebih lanjut, Saiful menyebut Jakarta sebagai contoh nyata pembangunan yang menerapkan prinsip keadilan sosial. Ia mengatakan demikian karena masyarakat kecil memiliki akses yang sama dengan masyarakat mampu dalam menikmati pelayanan dan keindahan kota Jakarta.

“Anies tidak hanya pandai bicara, tapi juga sosok yang mampu mewujudkan pemikiran cerdas ke dalam program kerja nyata” ujar Saiful. Kemudian, ia berharap, keberhasilan kepemimpinan Anies saat memimpin Jakarta bisa ditularkan ke daerah-daerah lain termasuk luar Pulau Jawa.

Harapannya untuk memangkas ketimpangan yang masih sangat lebar. Dia meyakini kemampuan eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu bisa memimpin RI ke depan.

“Kemampuan Anies mengurus dan menyetarakan fasilitas pulau terluar di DKI setara dengan fasilitas di daratan ini seakan mengirim pesan kepada kita bahwa Anies sanggup mengurus NKRI hingga pulau pulau terdepan dan terluar,” tuturnya.

Saiful menekankan latar belakang itu jadi alasan dirinya mendukung Anies sebagai Presiden RI di Pilpres 2024. “Semoga warga Kalimantan Selatan juga ingin merasakan hadirnya keadilan sosial melalui kepemimpinan Mas Anies,” kata Saiful.(Sumber)