Tekno  

Pakar Kecewa Siri dan Alexa Tak Bisa Beri Instruksi tentang CPR

Asisten virtual telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Memberikan ramalan cuaca, memutar musik sesuai permintaan dan bahkan memberikan beberapa saran yang pengguna butuhkan.

Tetapi menurut sebuah studi yang diterbitkan para peneliti Amerika Serikat pada Rabu (30/8), asisten virtual tidak bisa melakukan satu hal dengan benar, yakni memberikan instruksi tentang CPR.

“Alexa dari Amazon, Siri dari Apple, Asisten Google, dan Cortana dari Microsoft semuanya telah diuji sejak Februari lalu,” ungkap studi tersebut, seperti dimuat The Sky.

Ketika seseorang terkena serangan jantung dan tidak tahu cara mengatasinya, mungkin akan bertanya kepada asisten virtual mereka.

Namun, ketika peneliti AS menanyakan delapan pertanyaan terkait CPR, asisten vritual yang mengeluarkan suara otomatis itu memberikan jawaban yang masih sangat kurang.

Beberapa menjawab dengan mengatakan bahwa mereka tidak tahu atau tidak memahami pertanyaannya,.

“Hanya sembilan dari 32 tanggapan yang diberikan oleh asisten suara yang mendesak seseorang untuk menghubungi layanan darurat untuk meminta bantuan,” papar penemuan itu.

Studi ini juga menemukan bahwa pertanyaan yang lebih spesifik cenderung memberikan jawaban yang lebih baik dan ChatGPT yang didukung AI memberikan informasi yang jauh lebih bermanfaat.

Setelah penemuan itu, Microsoft mengatakan alat Bing Chat barunya, yang menggunakan AI, akan segera mengarahkan pengguna untuk menelepon 911 dan kemudian memberikan langkah-langkah dasar tentang cara melakukan CPR.

Google menanggapinya dengan mengatakan mereka selalu berupaya untuk menjadi lebih baik dan menambahkan bahwa penting untuk berkolaborasi dengan komunitas medis.

Sementara itu, Amazon menolak mengomentari kinerja Alexa, dan Apple juga melakukan hal yang sama(Sumber)