News  

Kampung Turis Pangandaran Terbakar, 3 Restoran Ludes Dilalap Api

Kampung Turis di kawasan Pantai Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengalami kebakaran hebat pada Kamis (31/8). Restoran dan kafe di kawasan tersebut ikut terbakar.

Salah satu pemilik restoran, Arif Firman mengaku mengalami kerugian hingga miliaran rupiah. Rumah Makan Siti Mungil sudah ludes dilalap api kendati petugas pemadam kebakaran mampu memadamkan api.

“Dulu membangun saja saya habis Rp 3 miliar lebih, belum isian dan lain-lain dalam restoran,” ungkap Arif, seperti dikutip dari Detik.

Menurut keterangan pegawainya, api dengan cepat merambat ke bagian gedung lainnya, karena konstruksi bangunan restoran didominasi oleh material yang mudah terbakar.

Kapolres Pangandaran AKBP Imara membeberkan, terdapat tiga restoran yang hangus terbakar dalam kejadian ini. Petugas mampu memadamkan api dua jam usai kejadian.

“Kami masih telusuri apakah dari korsleting listrik, api kompor atau pun lainnya, kami masih dalam proses penyelidikan. Kerugian masih dihitung, belum ada korban jiwa,” terangnya.

Tiga kafe dan restoran yang terbakar itu antara lain, Restoran Siti Mungil, Morgan dan Hello Beach. Petugas pemadam kebakaran sempat mengalami kesulitan dalam proses pemadaman, bahkan ada petugas yang nyaris pingsan.

Anggota Damkar Pangandaran Gin Gin mengungkapkan, tebalnya asap kebakaran dibarengi dengan angin kencang sehingga membuat para petugas kesulitan bernapas serta sulit mencari titik api yang membesar.

Kampung Turis terletak di Pamugaran, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Jaraknya dari pantai Pangandaran hanya sejauh 2 Km atau 10 menit perjalanan saja menuju pantai barat Pangandaran.

Wisatawan juga bisa menggunakan jasa transportasi wisata seperti ATV, sepeda listrik dan skuter. Ketika tiba di Kampung Turis Pangandaran wisatawan dapat memilih beragam kafe dan restoran.

Sebelum kebakaran hebat melanda, terdapat sebanyak 13 rumah makan seafood di Kampung Turis Pangandaran, yang menyajikan hidangan lezat.

Restoran dan Kafe di Kampung Turis menyediakan live musik, DJ dan hiburan lainnya setiap Weekend. Selain kuliner lokasi swafoto di Kampung Turis tak kalah indahnya, apalagi jika menyaksikan sunset di sore hari.

Bukan hanya itu artistik dan bentuk rumah makan seafood dan kafe di Kampung Turis memiliki sensasi serasa di Bali.

(Sumber)