Borong 4 Gelar di Indonesia International Challenge 2023, Merah Putih Nyaris Sapu Bersih

Merah Putih berpesta setelah para wakil andalan hampir menyapu bersih gelar pada final Indonesia International Challenge 2023.

Indonesia mengamankan empat gelar juara pada rangkaian pertandingan yang digelar di GOR Pancing, Medan, Sumatra Utara, Minggu (3/9/2023).

Bahkan tiga derbi Merah-Putih tersaji pada laga puncak yaitu pada sektor tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri.

Artinya sejak awal Indonesia sudah memastikan bakal membawa tiga medali emas.

Indonesia menambah pundi-pundi medali terbaik melalui tunggal putra muda, Alwi Farhan, yang memastikan gelar keempat untuk Indonesia.

Alwi berhasil menang dua gim langsung dengan skor 21-15, 21-10 atas wakil Sri Lanka, Viren Nettasinghe.

Pada pertandingan ini, tunggal putra kelahiran 12 Mei 2005 itu mengungkapkan kepercayaan dirinya muncul sejak awal.

Pasalnya, penonton yang memadati GOR Pancing memberikan dukungan penuh buat Alwi.

Dukungan besar turut membuat lawannya yang merupakan tunggal putra peringkat 98 dunia kewalahan sehingga harus menyerah straight game dalam tempo 32 menit.

“Pada pertandingan hari ini saya melihat lawan tertekan dan saya bisa mengambil kendali permainan untuk bisa unggul di gim pertama dan meraih kemenangan pada laga ini,” kata Alwi.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada publik Kota Medan yang memberikan dukungan penuh saat Alwi bermain.

Sepanjang laga terdengar bahwa suporter terus memberikan dukungan buat Alwi agar semangat dan meraih gelar juara di Indonesia International Challenge 2023.

“Terima kasih buat dukungan masyarakat Kota Medan,” tambah runner up Osaka International Challenge 2023 itu.

“Saya menilai dukungan tersebut sangat berarti mengingat lawan juga mendapat tekanan sehingga tidak bisa bermain dengan lepas.”

Gelar ini juga mengakhiri paceklik Alwi yang belum lagi meraih juara lagi seusai terakhir berjaya pada turnamen Alpes International U19 2022 silam.

“Gelar juara Xpora Indonesia International Challenge 2023 menjadi motivasi buat saya untuk bermain lebih fokus dan konsisten lagi.”

“Saya juga harus menjaga pikiran agar tidak buyar di tengah pertandingan,” pungkas Alwi.

Sementara itu dari sektor tunggal putri, Ester Nurumi Tri Wardoyo berhasil mempertahankan gelar juaranya usai mengalahkan rekan senegara, Gabriela Meilani Moningka.

Pemenang medali perunggu Kejuaraan Dunia Junior 2022 itu juga menang dua gim langsung, dengan skor 21-13, 21-16.

“Pada laga hari ini saya mencoba untuk memegang kontrol permainan. Terlihat strategi tersebut sehingga lawan bermain tertekan,” ungkap Ester

“Saya sempat kesulitan di gim kedua, di tengah pertandingan saya fokus satu demi poin untuk bisa meraih gelar juara.”

“Gelar juara turnamen Xpora Indonesia International Challenge 2023 menjadi raihan perdana saya di tahun ini.”

“Semoga dengan gelar juara ini saya bisa lebih termotivasi untuk meraih hasil lebih baik lagi pada setiap turnamen yang diikuti,” ucap adik dari Chico Aura Dwi Wardoyo itu.

 

Tunggal putri Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo, saat tampil pada final Indonesia International Challenge 2023 di GOR Bulutangkis Pancing Medan, Sumatra Utara, Minggu, 3 September 2023.
Tunggal putri Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo, saat tampil pada final Indonesia International Challenge 2023 di GOR Bulutangkis Pancing Medan, Sumatra Utara, Minggu, 3 September 2023.

 

Wakil Indonesia lainnya yang menjadi juara adalah ganda putra, Berry Angriawan/Rian Agung Saputro, dan ganda putri, Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum.

Berry/Rian mengalahkan sesama pasangan jebolan pelatnas, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani, dalam laga sengit selama rubber game.

Sedangkan Jesita/Febi menumpas perlawanan pasangan muda dari PB Djarum yaitu Velisha Christina/Bernadine Anindya Wardana.

Di partai terakhir yaitu ganda campuran, Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani sayangnya tidak dapat mengikuti jejak rekan-rekan senegara.

Marwan/Jessica dikalahkan wakil Thailand, Weeraphat Phakjarung/Ornnicha Jongsathapornparn, via rubber game.

 

Ganda Campuran Indonesia, Marwan Faza & Jessica Maya Rismawardani, saat beraksi pada Xpora Indonesia International Challeng di GOR Bulutangkis Pancing Medan, Selasa, 30 Agustus 2023

Ganda Campuran Indonesia, Marwan Faza & Jessica Maya Rismawardani, saat beraksi pada Xpora Indonesia International Challeng di GOR Bulutangkis Pancing Medan, Selasa, 30 Agustus 2023

 

REKAP FINAL INDONESIA INTERNATIONAL CHALLENGE 2023

1. WD – Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum vs Velisha Christina/Bernadine Anindya Wardana 21-17, 21-11

2. MD – Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani vs Berry Angriawan/Rian Agung Saputro 21-19, 19-21, 17-21

3. MS – Alwi Farhan vs Viren Nettasinghe (Sri Lanka) 21-15, 21-10

4. WS – Gabriela Meilani Moningka vs Ester Nurumi Tri Wardoyo 13-21, 16-21

5. XD – Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani vs Weeraphat Phakjarung/Ornnicha Jongsathapornparn (Thailand) 17-21, 21-12, 9-21

(Sumber)