News  

Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah Pecahkan 3 Rekor dan Sabet Emas Asian Games 2023

Atlet angkat besi Indonesia Rahmat Erwin Abdullah menambah raihan medali emas Indonesia di Asian Games 2023

Rahmat menyumbangkan emas untuk Indonesia di cabor Angkat Besi kelas 73 kg putra Asian Games 2023. Dari seluruh peserta, Rahmat menorehkan total angkatan terbaik yakni 359 kg.

Total angkatan itu ia dapatkan dari angkatan snatch 158 kg dan pada clean and jerk menorehkan angkatan 201 kg.

Selain mendapatkan medali emas, Rahmat Erwin Abdullah juga memecahkan rekor untuk angkatan clean and jerk di kelas 73 kg. Ia memecahkan tiga rekor sekaligus di kesempatan ini.

Pasalnya, Rahmat Erwin memecahkan rekor dunia, rekor Asia, dan rekor Asian Games dengan total angkatan 201 kg. Untuk rekor total angkatan 359 kg, Rahmat Erwin memecahkan rekor Asian Games.

Sementara, di kelas snatch, rekor masih dipegang lifter Tiongkok Shi Ziyong yang menorehkan angkatan 161 kg.

Capaian Rahmat Erwin Abdullah ini juga membuat warganet bangga. Mereka bahkan mendoakan agar Rahmat Erwin bisa meraih emas di Olimpiade 2024 di Paris mendatang.

Apalagi sebelumnya di Olimpiade 2020 Tokyo, Rahmat Erwin berhasil menyumbangkan perunggu di kelas 73 kg.

“Rispek sepenuhnya! Regenerasi setelah Pak Eko, semoga bisa konsisten terus dan berjaya di Olimpiade,” kata akun Twitter seorang warganet.

 


Doakan Rahmat Erwin Abdullah Sukses di Olimpiade 2024

Warganet lain memuji capaian Rahmat Erwin Abdullah keren. “Keren ini, semoga konsisten terus performanya,” tulis seorang netizen.

Ada pula yang memuji Rahmat Erwin Abdullah luar biasa. Ada pula yang menyebut Rahmat Erwin pantas diacungi empat jempol.

Ada juga yang berharap agar Rahmat Erwin Abdullah mendapatkan medali emas di Olimpiade Paris 2024 untuk capaian selanjutnya.

“Yuk bisa yuk Paris 2024 dan semoga dapet medali juga di Paris,” kata seorang warganet.

“Wow record yang luar biasa, semoga bisa berjaya di Olimpiade,” kata netizen.

Di samping itu, ada pula yang menyoroti fasilitas yang seharusnya diberikan pada para atlet angkat besi.

“Atlet elit sudah seharusnya dapat fasilitas elit juga,” tutur seorang warganet.


Tambah Pundi-Pundi Emas

Berkat prestasi yang diraih oleh Rahmat, Indonesia berhasil menambahkan jumlah medali emas menjadi 19. Medali tersebut terdiri dari lima medali emas, tiga medali perak, dan sebelas medali perunggu.

Sebelumnya, dalam ajang SEA Games 2021 di Vietnam, Rahmat sempat meraih medali emas untuk nomor 73 kg Putra. Saat itu ia berhasil meraih 115 kg snatch dan 190 kg clean and jerk dengan total 345 kg.

Rahmat juga saat itu ingin memecahkan rekor dunia dengang mengangkat berat 200 kg namun mimpinya tersebut sempat gagal ia raih. Sejak itu melalui kegagalannya Rahmat kembali berlatih dan membuahkan hasil dengan memperoleh rekor di Asian Games dan rekor dunia.


Profil Rahmat Erwin Abdullah

Melansir dari Olympics, Rahmat Erwin Abdullah adalah atlet angkat besi kelahiran 13 Oktober 2000 asal Makassar.

Ia pernah menjadi sosok menarik dalam ajang SEA Games 2019 karena saat itu ia berhasil menyumbangkan emas dan baru berusia 19 tahun.

Bakat Erwin sebagai atlet angkat besi ternyata menurun dari orang tuanya yaitu dari ayahnya yang diketahui sebagai seorang lifter peraih medali perak dalam ajang Asian Games 2003.

Adapun ibunya Ami Asun Budiono adalah atlet lifter yang pernah membawa medali emas SEA Games 1995 di Chiang Mai.(Sumber)