News  

Anies Baswedan Sebut Gaji PNS Rendah Jadi Salah Satu Penyebab Korupsi di Indonesia

Bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, mengungkapkan salah satu penyebab korupsi terjadi di Indonesia adalah gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang rendah. Dengan pendapatan yang kecil, sebagian abdi negara kesulitan untuk bertahan.

Anies menegaskan salah satu prioritasnya kalau menjadi presiden adalah memberantas korupsi. Ia menilai KPK masih mengurusi masalah korupsi yang besar.

“Ada tiga alasan kenapa korupsi terjadi, pertama karena kebutuhan. Banyak pegawai pemerintah (atau PNS) yang gaji per bulannya sangat rendah sehingga mereka tidak bisa bertahan,” kata Anies dalam US-Indonesia Investment Summit di Hotel Mandarin Oriental, Selasa (24/10).

“Ini menjadi perhatian kita. Pegawai Pemprov Jakarta bisa melakukan hal yang sama dengan rekan mereka di sektor swasta, sehingga korupsi kecil yang menimpa masyarakat bisa diatasi,” tambahnya.

Alasan berikutnya korupsi masih terjadi yakni keserakahan. Menurutnya, tindakan KPK menunjukkan penegakan hukum melalui reformasi sistem peradilan. Hal ini memerlukan kejelasan politik dari pimpinan tertinggi.

“Jika Indonesia ingin menjadi negara yang lebih maju, maka tata kelola pemerintahan perlu diperbaiki,” ujar Anies.

Anies menegaskan permasalahan korupsi harus ditangani secara serius. Selain itu, kebijakan yang diambil juga harus sinkron.

“Persoalannya adalah memastikan bahwa stabilitas politik diterjemahkan dalam konsistensi suatu kebijakan,” tuturnya.(Sumber)