5 Pebulutangkis Terbaik Sepanjang Masa Versi ‘Badminton Justin’

ADA lima pebulu tangkis terbaik sepanjang masa versi media Asing, Badminton Justin. Dua di antara lima itu ternyata berasal dari Indonesia!

Perdebatan soal siapa yang terbaik sepanjang masa ada hampir di setiap cabang olahraga. Bulu tangkis tentu tak ketinggalan mencari siapa yang terbaik di antara yang terbaik.

Ilustrasi bulu tangkis

Berikut lima pebulu tangkis terbaik sepanjang masa versi media asing.

5. Zhang Ning

Zhang Ning

Pebulu tangkis asal China ini mencapai puncak kariernya dengan meraih medali emas Olimpiade pada 2004 di Athena, Yunani. Empat tahun kemudian, Zhang kembali menyabet emas pada Olimpiade 2028 Beijing di usia 33 tahun.

Hingga saat ini, Zhang adalah satu-satunya perempuan peraih medali emas Olimpiade di nomor tunggal putri secara beruntun. Pencapaian ini membawanya ke BWF Hall of Fame pada 2021.

4. Tony Gunawan

5 Pebulutangkis Terbaik Sepanjang Masa Versi ‘Badminton Justin’

Legenda bulu tangkis kelahiran Indonesia ini merupakan salah satu pemain top di nomor ganda. Tony tercatat pernah meraih titel juara dunia di ganda putra, juga medali emas Olimpiade.

Salah satu catatan gemilangnya adalah menjadi juara dunia pada 2005 bersama Howard Bach, yang mana itu adalah gelar pertama bagi Amerika Serikat (AS). Hingga kini, Tony dianggap sebagai salah satu yang terbaik di sektor ganda.

3. Taufik Hidayat

Taufik Hidayat

Legenda bulu tangkis Indonesia ini memiliki deretan gelar juara yang mengagumkan. Medali emas Olimpiade Athena 2004, juara dunia, dan enam kali juara Indonesia Open (Super 1000), pernah diraih Taufik.

Hal yang membuat Taufik berbeda dari pebulu tangkis lain adalah kecepatan, strategi, dan ketangguhan mental. Tanpa faktor-faktor itu, ia tidak mungkin dianggap sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa.

2. Lee Chong Wei

Lee Chong Wei

Kendati tak pernah meraih medali emas Olimpiade, Chong Wei tetap layak dianggap sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa. Ia pernah menduduki posisi teratas di ranking BWF selama 349 pekan

Hebatnya, posisi itu diduduki sepanjang 199 pekan beruntun atau hampir empat tahun, tepatnya dari Agustus 2008 hingga jUni 2012. Catatan itu cukup untuk membuat sang pebulu tangkis asal Malaysia masuk dalam kategori terbaik.

1. Lin Dan

Julukannya saja sudah seram, Super Dan. Tenaganya luar biasa ditambah lagi skill pria satu ini terhitung komplet. Kehebatan Lin Dan sudah terlihat sejak terpilih masuk tim bulu tangkis China di usia 18 tahun.

Lin Dan

Sepanjang kariernya, Lin Dan menyabet dua medali emas Olimpiade (2008 dan 2012) dan lima kali titel juara dunia. Ia tercatat mengoleksi 66 titel juara turnamen serta menempati posisi satu di ranking BWF selama 233 pekan

Seluruh catatan itu membuat Lin Dan sebagai pebulu tangkis terbaik sepanjang masa. Tak perlu ragu untuk menyematkan julukan tersebut.(Sumber)