News  

Yudo Margono Dijagokan Jadi Kepala BIN, Pengamat: Karena Tak Genit Politik

Desas desus jabatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) akan diberikan Presiden Joko Widodo kepada Laksamana TNI Yudo Margono, berpeluang besar akan terealisasi.

Pengajar ilmu pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pamulang (FISIP Unpam), Efriza, menilai, sosok Yudo masuk kriteria yang dicari Jokowi.

Pasalnya, dia memperhatikan Jokowi tengah memastikan situasi nasional bisa kondusif jelang pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Sehingga, yang dia cari adalah sosok profesional yang memiliki rekam jejak yang baik.

“Yudo Margono saat dipilih jadi Panglima TNI, diyakini Jokowi melihat dari track record-nya memang baik, kinerjanya baik, dirinya sosok sederhana,” ujar Efriza kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (1/11).

Lebih dari itu, Efriza meyakini Jokowi mencari sosok yang enggan terlibat dalam politik praktis, agar tidak muncul perspektif buruk yang mengarah kepada pemerintahannya jelang pesta demokrasi.

“Yang utama, Yudo tidak berpolitik praktis, tetap berusaha menjaga dirinya tidak melakukan kegenitan politik terhadap para politisi partai-partai,” demikian pengamat politik Citra Institute itu menambahkan.(Sumber)