News  

Dipimpin Abdullah Hehamahua, KB HMI Deklarasi Dukung Anies-Muhaimin

Sejumlah Tokoh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang tergabung dalam Keluarga Besar HMI mendeklarasikan dukungan kepada paslon nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Swasana Lippo Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (27/12).

Dalam sambutannya, Anies Baswedan mengatakan bahwa ini adalah hari yang unik, karena secara terbuka Keluarga Besar HMI telah menyatakan sikap untuk mendukung paslon nomor urut 01.

“Ini sejalan dengan apa yang selama ini digaungkan sebetulnya oleh HMI, dan saya rasa kita semua yang pernah merasakan di dunia pergerakan, kemahasiswaan tau persis bahwa aktif di dalam pergerakan itu bukan semata-mata untuk aktivisme, tapi aktif dalam pergerakan itu karena kita membawa ide, membawa gagasan,” kata Anies dalam sambutannya.

Anies menjelaskan, semasa kuliah bentuk ide dan gagasan diwujudkan dalam aktivisme kemahasiswaan. Oleh karena itu, HMI dan PMII menumbuhkan kader-kader dengan bekal gagasan dan keterampilan.

“Karena itulah [HMI dan PMII] sering disebut sebagai organisasi kader, karena pada akhirnya organisasi-organisasi ini menghibahkan kadernya di dalam perkembangan bangsa untuk ikut kontribusi,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, cawapres Anies Baswedan, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Keluarga Besar HMI.

“Dan kita tahu semua, HMI selalu hadir terdepan dalam pembenahan dan penyempurnaan dari seluruh zaman ke zaman, Aamiin.. Hari ini terutama 2024, berbagai fakta, tantangan yang kita hadapi menuntut kita semua untuk melakukan koreksi pembenahan dalam satu kalimat, perubahan,” ujar Cak Imin.

Dalam acara itu juga, deklarasi dukungan kepada paslon nomor urut 01 diberikan. Deklarasi itu dipimpin oleh salah satu deklarator Keluarga Besar HMI, Didin S Damanhuri.

Berikut bunyi deklarasi dukungan dari Keluarga Besar HMI:

Bismillahirrahmanirrahim. Dengan senantiasa mengharapkan ridho Allah SWT. Kami Keluarga Besar HMI sebagai komunitas gerakan kultural dari seluruh dunia, dengan ini menyatakan:

1. Mempercayai dan meyakini bahwa pasangan AMIN Anies-Muhaimin apabila diberi amanah menjadi presiden dan wakil presiden Republik Indonesia 2024-2029 akan sanggup serta mampu memberikan gagasan, narasi, dan karya terbaik untuk kemajuan, kewibawaan, serta kemaslahatan agama, bangsa, dan negara Republik Indonesia.

2. Mengajak seluruh komponen bangsa untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan, menegakkan kembali demokrasi, kebebasan berpendapat, kebebasan akademik, serta mengakhiri pengendalian bangsa dan negara Republik Indonesia oleh sekelompok kecil pebisnis dan politisi atau oligarki.

3. Mengajak keluarga besar HMI seluruh dunia secara bersama-sama, bahu-membahu, serta saling menguatkan untuk mengerahkan segala daya dan upaya, kekuatan dan kemampuan serta ikhtiar terbaik memenangkan pasangan AMIN.

4. Mendukung pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar dalam pemilihan presiden tahun 2024.

5. Memberikan amanah kepada pasangan AMIN, Anies-Muhaimin apabila terpilih menjadi presiden dan wakil presiden Republik Indonesia 2024-2029, agar mengerahkan seluruh kemampuan dan kewenangan yang dimiliki untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang diridhai allah subhanahu wa ta’ala.

Jakarta 27 Desember 2023.

Atas nama inisiator deklarasi:
1. Chumaedi Syarif Romas
2. Doktor Abdullah Hehamahua
3. Doktor Hamdan Zoelva
4. Profesor Nurhayati Zanas
5. Profesor Sofyan Effendi
6. Profesor Widi Agus
7. Profesor Zubairi Djoerban
8. Profesor Fasli Jalal
9. Profesor Didin S Damanhuri
10. Doktor Sarinande Jibran
11. Sujana Sulaeman

(Sumber)