News  

Survei Median: Elektabilitas Prabowo-Gibran Naik 6,1 Persen, Ganjar-Mahfud Turun 6,6 Persen

Hasil survei Median menunjukkan elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka naik signifikan.

Tingkat keterpilihan Prabowo-Gibran naik 6,1% dibandingkan November 2023.

“Jadi Prabowo Gibran itu sekarang angkanya 43,1 persen. Masih di urutan pertama,” kata Peneliti senior Median, Ade Irfan Abdurrahman kepada media, Senin (8/1).

Survei Median dilakukan pada 23 Desember 2023-1 Januari 2024 melibatkan 1.500 responden. Survei memiliki margin of error sebesar kurang lebih 2,53% pada tingkat kepercayaan 95%.

Sampel responden dipilih secara acak dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender.

Posisi kedua ditempati capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan angka 26,8%. Sementara capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di peringkat ketiga dengan elektabilitas 20,1%.

Elektabilitas Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin berhasil naik dibandingkan survei Median periode November 2023. Elektabilitas keduanya masing-masing 37% dan 25,4%. Sementara elektabilitas Ganjar-Mahfud turun dimana pada periode yang sama di angka 26,7%.

“Kurang lebih trennya Prabowo berhasil mengklaim jarak sementara Anies Muhaimin berhasil naik ke posisi dua, Ganjar Mahfud turun ke posisi tiga. Dari angka ini sebetulnya Anies naiknya kurang lebih sekitar satu persen gitu ya. Sementara yang turun drastis Ganjar dari 26,7 persen menjadi 20,1 persen,” kata Ade.(Sumber)