News  

Baliho Yang Timpa Pelajar Hingga Tewas di Kebumen Milik Caleg Nasdem

Kecelakaan akibat baliho caleg terjadi di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, hingga menewaskan siswi SMK. Baliho itu milik caleg DPR RI dari Partai NasDem.

“(Baliho caleg) Nasdem,” kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Kebumen Imam Khamdani saat dihubungi kumparan, Jumat (12/1).

Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jateng, Achmad Husain, menambahkan, baliho itu merupakan milik caleg DPR RI. Namun dia tidak menginfokan lebih lanjut identitas caleg tersebut.

Achmad meminta kepada para peserta pemilu untuk tertib dalam memasang Alat Peraga Kampanye (APK).
“Kalau soal pemasangan APK di jalan-jalan, imbauan kita ya agar semua peserta Pemilu memasang sesuai dengan regulasi pemilu yang ada, baik PKPU 15/2023 maupun SK KPU di masing-masing kabupaten/kota tentang lokasi atau tempat pemasangan APK,” kata Husen.

Seorang siswi berinisial SA (18), meninggal dunia setelah motornya mengalami kecelakan karena tertimpa baliho caleg.

Peristiwa itu terjadi saat korban bersama siswi lainnya berboncengan melintasi Jalan Raya Kebumen – Banyumas, Desa Sidomulyo, Kecamatan Karanganyar pada Hari Rabu 10 Januari 2023, sekitar pukul 14.30 WIB.

Tiba-tiba sebuah baliho jatuh dan mengenai motor korban. Korban kemudian jatuh dan helm yang dipakainya terlepas. Kepalanya membentur beton jalan yang menimbulkan luka parah di bagian kepala.

Video kecelakaan itu viral. Banyak netizen yang menyoroti agar pemasangan baliho tidak perlu dilakukan karena selain tidak efektif sebagai sarana kampanye, juga hanya menjadi sampah visual dan membuat orang lain celaka.(Sumber)