Wataru Endo Ogah Remehkan Indonesia, Ingatkan Timnas Jepang Untuk Fokus

Bintang Timnas Jepang, Wataru Endo, mengingatkan timnya untuk tak meremehkan Timnas Indonesia. Kedua tim akan bentrok di matchday terakhir Grup D Piala Asia 2023 pada 24 Januari mendatang.

‘Samurai Biru’ yang difavoritkan juara menelan kekalahan 1-2 dari Irak pada Jumat (19/1) lalu. Sementara itu, ‘Skuad Garuda’ meraih kemenangan 1-0 atas Vietnam di hari yang sama.

Dengan begitu, Jepang dan Indonesia sama-sama memiliki 3 poin. Pertandingan nanti akan menentukan nasib kedua tim, maka dari itu Endo mengingatkan timnya untuk fokus.

Harus siap sejak menit pertama [lawan Indonesia]. Kami bisa bicara apa saja yang kami mau soal taktik, tapi kami harus kembali ke dasar untuk pertandingan selanjutnya,” ujar gelandang milik Liverpool itu, dikutip dari Japan Times.

Jepang dan Indonesia jarang bertemu di pentas Asia atau dunia. Pertemuan terakhir terjadi pada 11 Juni 1989 silam di mana ‘Samurai Biru’ menang telak 5-0 dalam Kualifikasi Piala Dunia 1990, pada saat itu ‘Merah Putih’ memainkan laga tandang.

Sementara itu, laga kandang terjadi pada 28 Mei 1989, di mana Indonesia menahan imbang Jepang dalam pertandingan yang berakhir tanpa gol tersebut.

Pertemuan tersebut terjadi sudah lebih dari 30 tahun lalu. Kini, Jepang dan Indonesia akan bersua dalam partai yang tak kalah penting.

Jepang saat ini menduduki peringkat kedua klasemen Grup D dengan 3 poin. Di lain sisi, Indonesia yang punya koleksi poin serupa berada setingkat di bawahnya karena kalah selisih gol.

Pemenang dari duel tersebut akan memastikan peringkat kedua klasemen sekaligus melaju ke babak berikutnya. Sementara itu, tim yang kalah akan mengadu nasib di klasemen peringkat ketiga terbaik.(Sumber)