News  

Mahfud MD: Indonesia Warisan Ulama, Menjaga NKRI Adalah Amanah

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan warisan para ulama bersama pendahulu bangsa. Menjaga NKRI, adalah amanah yang harus dilakukan.

Hal itu disampaikan Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD dalam Halaqah dan Dialog Kebangsaan di Pondok Pesantren (Ponpes) An Nur Ngrukem di Krapyak, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Indonesia ini dengan segala ideologinya adalah warisan ulama dan merupakan amanah dari Allah kepada kita untuk menjaganya dengan baik,” ujar Mahfud MD dalam keterangan tertulis, Kamis (25/1).

Lebih lanjut, Mahfud menyebut Indonesia adalah negara yang secara syar’i sudah sah sebagai produk perjuangan para ulama dan tokoh-tokoh lain.

Para ulama di zaman kemerdekaan dulu, disampaikan Mahfud, berembuk dan berijtihad untuk menghasilkan suatu mufakat di tengah berbagai perbedaan pendapat.

Oleh karena itu, lanjutnya, jika ulama memegang teguh nilai-nilai kebaikan, dia yakin pemerintah, negara, dan kesejahteraan rakyat akan berjalan jauh lebih baik.

“Untuk menjaga negara ini ada 3 unsur yang penting. Pertama rakyatnya harus baik, pemerintahnya harus baik, ulamanya harus baik,” pungkasnya.(Sumber)