Dihiasi Blunder Kiper, Timnas Indonesia U20 Takluk 2-3 Dari Uzbekistan

Timnas U-20 Indonesia dikalahkan Uzbekistan U-20 dalam laga uji coba di Stadion Madya Senayan, Jakarta, pada Selasa (30/1). Skor akhir 2-3. Laga ini diwarnai blunder kiper masing-masing tim yang berujung gol.

Ini adalah laga uji coba kedua Timnas U-20 pada Januari 2024. Sebelumnya, mereka dikalahkan Thailand 1-2 dalam pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Susunan Pemain Timnas U-20 Indonesia Kontra Uzbekistan
Rifky Tofani (GK), Dony Tri Pamungkas, Kadek Arel (kapten), Ferre Murari, Sulthan Zaky, Arlyansyah Abdulmanan, Riski Afrisal, Kafiatur Rizky, Syamsul Rifa’i, Toni Firmansyah, Arkhan Kaka.

Cadangan: Ikram Al Giffari (GK), Rahmat Syawal, Alex Kamuru, Mashaal Hamzah, Ibrah Ohorella, Iqbal Gwijangge, Dani Saputra, Figo Dennis, Nurviat Subagja, Nabil Asyura.

Jalannya Laga Timnas U-20 Indonesia vs Uzbekistan

Uzbekistan mencetak gol di menit 4. Diawali serangan balik, para pemain Uzbekistan lalu melepas umpan-umpan datar yang diakhiri sepakan pemain bernama Komilov. Namun kalau dilihat dalam tayangan ulang, Komilov tampak sudah dalam posisi offside sebelum menendang bola di depan gawang Timnas U-20 Indonesia.

Timnas U-20 mendapat peluang di menit 20. Kafiatur melepas tendangan bebas, tetapi arah bola masih agak di atas mistar gawang Uzbekistan.

Timnas U-20 mencetak gol di menit 32. Lewat serangan balik, Toni membawa bola ke kotak penalti, lalu melepas umpan datar ke Kafiatur, Kafiatur melepas tendangan akurat, kiper Uzbekistan gagal menangkap bola yang telah mengarah padanya, hanya terkena tangannya lalu bola pun masuk gawang.

Uzbekistan kembali mencetak gol di menit 39. Pemain bernama Kurbonov berniat melepas umpan ke kotak penalti, Tofani maju dari gawangnya dengan niat ingin menangkap bola dengan 2 tangan, tetapi bola lewat dan masuk gawang Timnas U-20.

Sepanjang babak pertama, Uzbekistan lebih sering melakukan serangan. Mereka agak lebih lihai dalam mengontrol bola, lebih dinamis, kualitas umpan lebih akurat, tetapi memang penyelesaian akhir mereka kurang baik.

Sementara, Timnas U-20 kesulitan membangun serangan efektif karena beberapa kali kehilangan bola karena salah umpan atau karena tekanan yang dilakukan pemain Uzbekistan. Skor 1-2 bertahan hingga jeda

Pada awal babak kedua, jalannya pertandingan cukup alot. Kedua tim sama-sama minim peluang berbahaya.
Timnas U-20 Indonesia kembali mencetak gol di menit 74. Menyambar umpan tarik di kotak penalti, Arlyansyah melepas tendangan akurat ke gawang Uzbekistan.

Timnas U-20 memiliki peluang di menit 81. Arkhan Kaka memenangi duel dengan pemain Uzbekistan lalu melepas tendangan dari sisi kiri kotak penalti, bola masih bisa diamankan kiper.

Uzbekistan mencetak gol ketiga di menit 87. Khayrulaev melepas tendangan keras dari luar kotak penalti, bola menghujam jala Timnas U-20. Skor 2-3 bertahan hingga bubar.(Sumber)