News  

Survei Roy Morgan: Elektabilitas Prabowo 43 Persen, Ganjar 30 Persen, Anies 24 Persen

menjelang hari pencoblosan Pilpres 2024, Lembaga survei asing, Roy Morgan merilis hasil jajak pendapat terbaru untuk mengukur tingkat elektabilitas para calon presiden.

Hasil survei yang dirilis Direktur Roy Morgan Indonesia Ira Soekirman, pada Kamis (1/2), Prabowo Subianto sebagai capres nomor urut 2 unggul dengan elektabilitas mencapai 43 persen.

“Jajak pendapat Roy Morgan hari ini menunjukkan Prabowo unggul dengan perolehan suara sebesar 43 persen,” kata Ira Soekirman.

Lanjut Ira, capres nomor 3 Ganjar Pranowo berada di posisi dua dengan elektabilitas 30 persen dan disusul capres nomor 1 Anies Baswedan dengan dukungan 24 persen.

Ira menyampaikan, Berdasar data dari survei tersebut, maka Pilpres 2024 bakal digelar dua putaran. Untuk Prabowo, diyakini bakal menang pada putaran pertama Pilpres 2024.

“Sebab, untuk bisa menang satu putaran, Prabowo yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka harus mendapat suara 50 persen ditambah satu suara,” demikian Ira.

Adapun survei dari Roy Morgan ini digelar pada periode Desember 2023 terhadap 1.255 responden di seluruh Indonesia dengan usia di atas 17 tahun atau sudah memiliki hak pilih.(Sumber)