News  

Emil Dardak: Jokowi Beri ‘Berkah’ Untuk Siapa Saja Yang Dekat Dengannya

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan berkah bagi siapapun yang dekat dengannya. Menurutnya, Jokowi telah bekerja kerja keras sehingga bisa jadi seperti sekarang ini.
“Mari kita enggak pungkiri bahwa Pak Jokowi yang memang bekerja luar biasa itu ada yang namanya sebuah siraman berkah untuk siapapun yang terasosiasi dengan dia juga,” kata Emil dalam Podcast What the Fact! Politics, Selasa (5/3).

Hal itu disampaikan Emil ketika ditanya soal hak istimewa atau privilege yang dimiliki Gibran Rakabuming Raka sebagai anak sulung Jokowi.

Ia mengakui status Gibran sebagai putra Jokowi memang memberikan keuntungan tersendiri. Namun, kata dia, hal tersebut bukan satu-satunya faktor yang membuat Gibran bisa jadi calon wakil presiden di Pilpres 2024.

“Saya artinya tidak memungkiri bahwa kondisi inheren seseorang bisa memberikan sebuah advantage point. Tapi, pertanyaannya kita mau menangisi itu atau mau melihat apa yang bisa kita lakukan dengan kondisi yang ada,” ucapnya.

Menurut Emil, memiliki privilege saja tidak cukup untuk maju di dunia politik. Ia menegaskan seseorang tetap membutuhkan kompetensi dan karakter yang tahan banting.

“Jadi, ya tetap number one kompetensi. Tetapi kita harus akui kompetensi bukan satu-satunya faktor,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, ada faktor nasib atau takdir. Emil yang merupakan putra dari eks Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak menuturkan tidak semua orang yang punya relasi keluarga dengan seorang tokoh cocok berkontestasi dalam politik.

Emil pun mendorong anak muda yang mau masuk ke dunia politik agar memulainya dengan organisasi di universitas. Ia mengatakan tiap peluang juga harus diiringi dengan persiapan.

(Sumber)