News  

Kisah Sedih Ellyas Pical, Petinju Juara Dunia Kebanggan Indonesia Yang Sempat Jadi OB

KISAH miris Ellyas Pical, petinju kebanggaan Indonesia yang ternyata sempat menjadi office boy (OB) di masa tua. Padahal, Ellyas Pical sendiri adalah salah satu petinju Indonesia yang pernah merasakan gelar juara dunia.

Ya, Ellyas Pical merupakan mantan petinju asal Indonesia yang pernah mengharumkan tanah air di kancah dunia. Dia menjadi petinju Indonesia pertama yang menjadi juara dunia IBF kelas Bantam Junior pada tahun 1985.

Julukan The Exocet cukup melekat dalam diri Ellyas Pical. Julukan itu disematkan untuk sosok Ellyas Pical karena pukulan uppercut dan jab kirinya terkenal cepat dan kuat.

Pria kelahiran Ullath, Maluku Tengah itu memulai karier profesionalnya sebagai petinju pada 1982. Saat itu, ia menghadapi sesama petinju Indonesia, yakni Eddy Rafael dan keluar sebagai pemenang di ronde keempat.

Meski sempat tidak mendapat persetujuan dari orang tua, karier Ellyas Pical di dunia tinju terus berlanjut. Perlahan tapi pasti Ellyas Pical terus menunjukkan perkembangan.

Puncaknya adalah ketika Ellyas Pical berhasil meraih gelar Juara Dunia di kelas terbang super PBF pada 1985. Dia merebut gelar tersebut dari petinju asal Korea Selatan, Hee Yun-jung di ronde kedelapan.

Sayangnya, masa tua Ellyas Pical tak seperti yang diharapkan. Setelah memutuskan pensiun dari ring tinju pada 2000, sang juara dunia justru harus berjuang untuk melanjutkan hidup.

Ellyas Pical bahkan diketahui pernah menjadi satpam di sebuah diskotik hingga pernah menjadi office boy (OB). Kehidupannya semakin memasuki titik terendahnya setelah terjerat kasus hukum atas tuduhan penjualan obat-obatan terlarang pada tahun 2005 silam, ketika menjadi satpam di dikostik dan akhirnya dirinya bebas pada 7 Februari 2006.

(Sumber)