Tekno  

Menkominfo: CEO Apple Tim Cook Bakal Datang ke Indonesia 20 April 2024

CEO Apple, Tim Cook, dilaporkan akan segera menyambangi Indonesia. Kabar ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi.

Budi mengatakan pihaknya tengah bersiap untuk menemui Cook dan Apple. Pertemuan ini ditujukan untuk mendukung akselerasi transformasi digital Indonesia.

“Apple CEO-nya, Tim Cook, mau datang 20 April,” kata Budi, dikutip dari Antara, Kamis (21/3).
Dia (Tim Cook) mau membuat Apple Academy, nah, kita mau lihat dan tinjau itu Apple Academy.
– Budi Arie Setiadi, Menkominfo –

Apple Academy, atau Apple Developer Academy, merupakan program pelatihan talenta teknologi informasi (information technology/IT) untuk pengembangan aplikasi Apple. Apple Academy sudah dibuka di Indonesia sejak 2018, bermitra dengan institusi pendidikan tinggi lokal, yakni Binus di Bumi Serpong Damai (BSD), Universitas Ciputra di Surabaya, dan Infinite Learning di Batam.

Para siswa akan mempelajari dasar-dasar pemrograman serta kompetensi profesional, desain, dan pemasaran. Mereka juga diberdayakan dengan serangkaian keterampilan yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi yang memberikan dampak bagi ekonomi aplikasi iOS yang sedang berkembang pesat di Indonesia.

Budi menambahkan, pertemuan dengan Apple nantinya akan difokuskan untuk membahas secara spesifik pengembangan talenta-talenta digital yang lebih profesional. Selain itu, perusahaan teknologi itu juga disebut bakal membangun Apple Academy di Bali.

“Apple itu ‘kan dia mau meresmikan lebih banyak Apple Academy. Sekarang ‘kan sudah beroperasi di BSD dan Batam. Nah, ini nanti mau di Bali,” ujar Budi. “Saat ini Apple Academy sudah melatih sekitar hampir 2.000 talenta.”

Menkominfo Juga Akan Temui Bos Microsoft
Selain dengan Apple, Kominfo juga akan mengadakan pertemuan dengan raksasa teknologi lainnya, yakni Microsoft. Perwakilan dari pengembang sistem operasi Windows itu, termasuk sang CEO Satya Nadella, disebut bakal mendatangi Indonesia pada pertengahan April 2024.

Salah satu topik yang dibahas terkait pengembangan talenta digital dan juga teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari nota kesepahaman yang baru dijalin Microsoft Indonesia dan Kominfo pada Kamis (14/3) lalu.

“Kami bakal membicarakan bagaimana transfer technology and knowledge buat transformasi digital Indonesia, melanjutkan yang sudah kemarin kami bicarakan,” jelas Budi.

“Karena mau tidak mau kan artificial intelligence ini AI ini akan terus berkembang, sehingga kita perlu banyak kerja sama dan mengadopsi berbagai pemain-pemain global.”

(Sumber)