News  

Siap-siap Sambut Lailatul Qadar 2014, Ini Amalan dan Doa Mustajab 10 Malam Terakhir Ramadhan

Malam lailatul qadar menjadi peristiwa penting di bulan Ramadhan. Di mana tepat pada malam peringatannya, umat Islam akan berbondong-bondong meraih keutamaannya. Lalu kapan malam lailatul qadar 2024 itu?

Dijelaskan dalam situs Kementerian Agama (Kemenag), lailatul qadar merupakan malam saat Allah SWT pertama kali menurunkan wahyu berupa ayat-ayat Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril untuk disampaikan kepada umat Islam. Lailatul qadar sendiri memiliki arti malam kemuliaan.

Menurut beberapa riwayat, malam lailatul qadar terjadi di sepuluh hari terakhir pada bulan Ramadan. Dinilai sebagai malam yang lebih baik dari pada seribu bulan, momen malam lailatul qadar tentu sangat sangat dinanti oleh umat Islam di bulan Ramadhan. Lantas kapan waktu terjadinya?

Kapan Malam Lailatul Qadar 2024

Mengutip informasi yang dilansir oleh situs resmi Kemenag, para ulama sepakat bahwa malam lailatul qadar adalah malam ganjil yang terjadi pada 10 malam terakhir Ramadhan. Tepatnya terjadi pada malam 21, 23, 25, 27, dan juga 29.

Malam Ganjil 10 Hari Terakhir Ramadan 

Apabila merujuk pada hasil sidang isbat Kemenag, maka 10 hari terakhir Ramadhan 1445 Hijriah mulai pada tanggal 31 Maret 2024. Sementara itu, bila menurut hasil dari hisab PP Muhammadiyah, maka 10 hari terakhir bulan Ramadhan 1445 Hijriah dimulai pada tanggal 30 Maret 2024.

Berikut ini adalah prakiraan tanggal waktu malam lailatul qadar 2024 jika mengacu penetapan pemerintah:

  • 19 Ramadhan 1445 Hijriah hari Sabtu, 30 Maret 2024
  • 20 Ramadhan 1445 Hijriah hari Minggu, 31 Maret 2024
  • 21 Ramadhan 1445 Hijriah hari Senin, 1 April 2024 (Perkiraan Malam Lailatul Qadar)
  • 22 Ramadhan 1445 Hijriah hari Selasa, 2 April 2024
  • 23 Ramadhan 1445 Hijriah hari Rabu, 3 April 2024 (Perkiraan Malam Lailatul Qadar)
  • 24 Ramadhan 1445 Hijriah hari Kamis, 4 April 2024
  • 25 Ramadhan 1445 Hijriah hari Jumat, 5 April 2024 (Perkiraan Malam Lailatul Qadar)
  • 26 Ramadhan 1445 Hijriah hari Sabtu, 6 April 2024
  • 27 Ramadhan 1445 Hijriah hari Minggu, 7 April 2024 (Perkiraan Malam Lailatul Qadar)
  • 28 Ramadhan 1445 Hijriah hari Senin, 8 April 2024
  • 29 Ramadhan 1445 Hijriah hari Selasa, 9 April 2024.

Amalan Malam Lailatul Qadar

Berikut adalah beberapa amalan yang baik dilakukan pada malam lailatul qadar:

1. Membaca Al-Quran
Amalan malam lailatul qadar yang pertama yaitu membaca dan memahami Al-Quran. Dengan mengamalkan ayat Al-Quran ini diharapkan bisa menjadi cara untuk menghidupkan malam lailatul qadar. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya:

“Barang siapa yang membaca satu huruf Al-Quran, dia akan mendapatkan satu kebaikan. Dan satu kebaikan (akan dibalas) sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan ‘alif lam mim’ satu huruf. Namun, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf’.” (HR. At-Tirmidzi).

2. Sholat Malam
Selanjutnya, malam lailatul qadar juga dapat diisi dengan mengerjakan sholat sunnah di malam hari. Hal ini sesuai dengan apa yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, bahwa Rasulullah SAW bersabda yang bunyinya:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Barangsiapa yang menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan sholat malam atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Berbagi Sedekah
Bagi kaum muslim yang ingin menghidupkan malam lailatul qadar, tak hanya terbatas dengan melakukan amalan di atas saja. Mereka juga dianjurkan untuk mengerjakan beberapa amalan baik di setiap kesempatan yang ada. Salah satunya dengan membagikan sedekah berbuka puasa terhadap sesama muslim yang sedang berpuasa.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Masih mengutip dari dari situs resmi Kemenag, umat muslim yang beribadah di malam lailatul qadar maka pahalanya lebih baik daripada beribadah selama seribu bulan. Hadits tentang keutamaan malam lailatul qadar juga disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al-Qadr ayat 1-5 yang berarti:

“Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Quran) pada malam lailatul qadar. Tahukah kamu, apakah malam qadar itu? Malam qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu, turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Tuhan mereka, (membawa segala urusan), (seluruh malam itu) sejahtera sampai terbit fajar.”

Doa Malam Lailatur Qadar

Melansir dari NU Online, doa malam Lailatul Qadar berdasarkan riwayat lima Imam hadits kecuali Imam Abu Dawud yaitu:

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allāhumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī (‘annā jika dibaca berjamaah).

Artinya: Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).

Selain itu, muslim juga bisa membaca doa malam lailatul qadar berdasarkan riwayat Imam At-Tirmidzi berikut:

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allāhumma innaka afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī (‘annā jika dibaca berjamaah).

Artinya: Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf yang pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).

Itulah tadi informasi terkait kapan malam lailatul qdar 2024 itu. Seperti yang disebutkan di atas, malam lailatul qadar terjadi di pada 10 malam terakhir Ramadhan. Tepatnya terjadi pada malam 21, 23, 25, 27, dan juga 29. Semoga bermanfaat!

(Sumber)