News  

Kabar Gembira! Riset Sebut Nonton Film Horor Bisa Turunkan Berat Badan

Kabar gembira bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan tetapi kurang bersemangat untuk bergerak dan berolahraga berat. Kamu bisa membakar lemak sambil menonton film, kok!

Benarkah? Ya, asalkan film yang kamu tonton adalah film horor. Kok bisa?

Dilansir dari dailymail.co.uk, ilmuwan dari University of Westminster menyebutkan bahwa menonton film yang menyeramkan bisa membakar kalori. Semakin seram film yang kamu tonton, semakin banyak kalori yang akan terbakar di dalam tubuhmu.

Duduk di sofa dan menonton film horor berdurasi 90 menit bisa membakar 113 kilo kalori. Jumlah ini setara dengan kalori yang terbakar setelah berjalan selama 30 menit.

Hasil tersebut terungkap dari percobaan terhadap sepuluh orang yang menonton beberapa film horor klasik pilihan. Para ilmuwan kemudian memantau detak jantung, konsumsi oksigen, produksi karbon dioksida, dan jumlah energi yang digunakan para penonton.

Hasilnya, relawan percobaan ternyata menghabiskan energi sepertiga lebih banyak ketika menonton film yang menyeramkan daripada ketika mereka duduk di depan layar kosong.

Richard Mackenzie, seorang spesialis metabolisme dari University of Westminster berkata bahwa pembakaran kalori dimulai dari denyut nadi yang semakin cepat sehingga darah semakin cepat terpompa Kondisi tersebut memicu pelepasan hormon adrenalin yang bekerja secara cepat.

Hormon ini dihasilkan ketika kita mengalami stres dalam waktu singkat, misalnya saat merasa ketakutan. Rasa takut akan menurunkan nafsu makan dan meningkatkan laju metabolisme basal sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori.

Jika kamu tertarik untuk mencoba. kamu bisa memulai dengan menonton film-film horor klasik pilihan yang dianggap bisa membakar banyak kalori:

‌Rec, membakar 101 kalori.
‌The Blair Witch Project, membakar 105 kalori.
‌The Texas Chainsaw Massacre, membakar 107 kalori.
‌Paranormal Activity, membakar 111 kalori.
‌A Nightmare on Elm Street, membakar 118 kalori.
‌Saw, membakar 133 kalori.
‌Alien, membakar 152 kalori.
‌The Exorcist, membakar 158 kalori.
‌Jaws, membakar 161 kalori.
‌The Shining, membakar 184 kalori.

Untuk informasi selengkapnya silakan kunjungi https://www.dailymail.co.uk/tvshowbiz/article-6320673/Watching-horror-movies-burn-200-calories.html.

Siapa sangka menonton film horor bisa membantumu berdiet? Tapi ingat. jangan menonton sambil makan jagung berondong dan minum minuman bersoda (atau makanan dan minuman tidak sehat lainnya), karena kandungan garam dan gulanya bisa membuatmu lebih gemuk daripada sebelum menonton.

(Sumber)