News  

Ini Bacaan Doa Perjalanan Mudik Agar Selamat Tiba di Kampung Halaman

Ketika memasuki musim mudik, biasanya para migran akan melakukan perjalanan yang jauh untuk pulang ke desa kelahiran mereka. Mereka menantikan momen bersatu kembali dengan keluarga dan kerabat saat merayakan Idul Fitri. Namun, dalam setiap langkah yang diambil, disarankan untuk membaca doa perjalanan mudik sebelum berangkat sebagai wujud permohonan keselamatan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Berdoa sebelum memulai perjalanan, terutama ketika akan menempuh perjalanan yang jauh seperti saat mudik, merupakan tindakan yang sangat krusial. Dalam doa ini, seseorang meminta perlindungan dan petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa selama perjalanan berlangsung.

Membaca doa sebelum berangkat juga dianjurkan berdasarkan teladan yang diberikan oleh Rasulullah SAW. Beliau selalu mengucapkan doa sebelum berangkat, menegaskan betapa pentingnya meminta perlindungan dan petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap perjalanan yang dilakukan.

Bacaan Doa Perjalanan Mudik

Berikut adalah doa-doa yang bisa diamalkan saat akan melakukan perjalanan mudik atau perjalanan jauh.

1. Bacaan doa sebelum menempuh perjalanan jauh/mudik

Allaahu-akbar, Allaahu-akbar, Allaahu-akbar, subhaanal-ladzii sakhkhara lanaa hadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniin. Wa innaa ilaa Rabbinaa lamun-qalibuun.

Allaahumma innaa nas-aluka fii safarinaa haadzal-birra wat-taqwaa, wa minal-‘amali maa tardhaa.Allaahumma hawwin ‘alaynaa safaranaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu.

Allaahumma antash-shaahibu fis-safari, wal-khaliifatu fil-ahli, Allaahumma innii a’uudzubika min wa’tsaa-is-safari, wa kaabatil-man-zhari, wa suu-‘il-munqalabi fil-maali wal-ahli.

Ya Allah, kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami memohon perbuatan yang Engkau ridhai. Ya Allah, permudahlah perjalanan kami ini, dan jauhkanlah kesulitannya dari kami.

Ya Allah, Engkaulah teman dalam perjalanan dan yang mengurusi keluarga (yang ditinggalkan). Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam perjalanan, pemandangan yang menyedihkan dan perubahan yang buruk dalam harta dan keluarga.” (HR Muslim)

2. Doa dalam perjalanan

Selama perjalanan, Anda bisa membaca surat Al-Ikhlas untuk mengiringi perjalanan Anda.

“Qul huwallahu ahad. Allahus shamad. Lam yalid, wa lam yulad, wa lam yakullahu kufuwan ahad.”

Itulah dua doa yang dapat dibaca oleh umat Muslim untuk memohon perlindungan dan petunjuk saat akan bepergian jauh atau mudik. Semoga dalam perjalanan mudik, kita semua diberi keselamatan dan kemudahan sampai di tempat tujuan.