Reliji  

Wow! Ini 6 Manfaat Luar Biasa Puasa Daud

Berikut 6 manfaat puasa Daud bagi kesehatan yang jarang diketahui orang.

Puasa Daud yang merupakan salah satu puasa sunnah yang mempunyai manfaat luar biasa, tidak hanya dapat pahala dari Allah, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Pengertian Puasa Daud

Puasa Daud adalah puasa selang-seling, yakni sehari puasa sehari tidak. Namanya demikian karena puasa ini merupakan puasanya Nabi Daud ‘alaihis salam. Bagi umat Nabi Muhammad, puasa ini hukumnya sunnah. Dibandingkan dengan puasa sunnah lainnya, Puasa Daud lebih disukai oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Puasa yang paling Allah sukai adalah puasa Nabi Daud. Ia berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari. Dan sholat yang paling Allah sukai adalah sholat Nabi Daud. Ia tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya.” (HR. Bukhari).

Para ulama sepakat mengenai sunnahnya puasa ini. Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu menegaskan, “Puasa-puasa sunnah yang disepakati para ulama antara lain puasa sehari dan tidak puasa sehari. Inilah puasa yang paling utama.” Syaikh Abdurrahman Al Juzairi dalam Fikih Empat Madzhab mengatakan, “Di antara puasa yang dianjurkan adalah puasa Daud. Yakni satu hari puasa dan satu hari tidak. Di dalam hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam disebutkan bahwa puasa ini adalah puasa sunnah yang paling afdhl.”

Dilansir iNews.id dari berbagai sumber, berikut adalah enam manfaat puasa Daud yang mungkin belum banyak diketahui:

6 manfaat puasa Daud untuk kesehatan

1. Mengubah Fungsi Sel, Gen, dan Hormon

Ketika kita berpuasa dalam waktu yang cukup lama, tubuh memicu proses perbaikan sel yang penting dan mengubah kadar hormon. Ini membantu lemak yang disimpan dalam tubuh lebih mudah tersedia.

2. Menurunkan Berat Badan dan Menghilangkan Lemak Perut

Puasa intermiten, termasuk puasa Daud, dapat membantu mengurangi asupan makan.

Selain itu, puasa intermiten meningkatkan fungsi hormonal dan membantu penurunan berat badan. Tingkat insulin yang rendah, hormon pertumbuhan yang lebih tinggi, dan peningkatan kadar norepinefrin (noradrenalin) membantu pemecahan lemak tubuh dan memudahkan penggunaannya sebagai energi.

3. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 telah meningkat dalam beberapa dekade terakhir. Puasa Daud telah terbukti mengurangi resistensi insulin dan secara signifikan menurunkan gula darah.

4. Mengurangi Stres Oksidatif dan Peradangan pada Tubuh

Stres oksidatif merupakan langkah menuju penuaan dan banyak penyakit kronis. Puasa intermiten dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres oksidatif dan membantu melawan peradangan, yang merupakan penyebab banyak penyakit umum.

5. Berpotensi Memperpanjang Umur

Selain manfaat kesehatan, puasa Daud juga memiliki dampak positif pada spiritualitas dan pembersihan jiwa.

6. Mencegah sering sakit

Puasa Nabi Daud dapat membantu mencegah sering sakit dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit. Puasa juga dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dan mengeluarkan racun-racun dari tubuh.

Persamaan dengan Intermittent Fasting (IF)

Puasa Daud memiliki kesamaan dengan intermittent fasting (IF), yaitu pola puasa yang dilakukan dengan jeda waktu tertentu.

Itulah 6 manfaat puasa Daud untuk kesehatan. Jadi, selain mendapatkan pahala, mari kita sambut puasa Daud dengan kesadaran akan manfaatnya bagi kesehatan kita.(Sumber)