Pelatih Yordania U23, Abdullah Abu Zema: Indonesia Layak Lolos ke Perempat Final

Timnas U-23 Indonesia mengalahkan Yordania U-23 dengan skor 4-1 dalam matchday ketiga Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, pada Minggu (21/4) malam WIB. Pelatih Yordania U-23, Abdullah Abu Zema, secara sportif mengakui kehebatan pasukan Shin Tae-yong.

Gol-gol Indonesia dicetak Marselino Ferdinan (23′ & 70′), Witan Sulaeman (40′), dan Komang Teguh (86′). Sementara Yordania mendapat gol hiburan karena gol bunuh diri Justin Hubner (79′). Indonesia bermain penuh percaya diri dan tenang dengan umpan pendek, skill individu ciamik, gol cantik, serta pertahanan rapi meski ada kecolongan sedikit.

Abu Zema mengakui Yordania U-23 kalah superior. Ia pun mengucapkan selamat atas kelolosan Timnas U-23 Indonesia ke perempat final Piala Asia U-23.

Indonesia memainkan laga yang luar biasa dan sepenuhnya layak untuk menang dan lolos [ke perempat final Piala Asia U-23],” kata Abu Zema usai laga, dikutip dari Winwin.

“Kami tadinya berencana dari awal untuk mencetak gol cepat dan kami memiliki tiga peluang, tapi kami tidak memanfaatkan satu pun,” tambahnya.

Pada awal babak pertama, Indonesia sempat kesulitan membongkar pertahanan Yordania dari sayap dengan oper-operan datar. Di sisi lain, Yordania bermain lebih direct cukup membahayakan karena Fajar Fathur Rahman dan Pratama Arhan beberapa kali kalah lari dari winger Yordania, beruntung Ernando Ari masih sangat sigap.

Selebihnya, Indonesia bermain lebih dominan. Yordania U-23 baru kembali memiliki serangan yang menggigit saat injury time berlangsung 10 menit. Mereka berkali-kali melepas tendangan, tetapi bola melenceng atau bisa dimentahkan Ady Satryo (pengganti Ernando di menit 89).

“Tim Indonesia mendahului kami dalam mencetak gol pertama, situasi pertandingan menjadi berubah. Setelah memimpin, Indonesia memperketat tekanan dan menerapkan kontrol penuh, sedangkan kami tidak maksimal,” terang Abu Zema.

Sementara di laga lain, Qatar bermain imbang 0-0 dengan Australia. Tuan rumah menjadi juara Grup A dengan koleksi 7 poin.

Timnas U-23 Indonesia layak ke perempat final Piala Asia U-23 dengan status runner up Grup A dengan koleksi 6 poin. Pasukan Shin Tae-yong akan melawan juara Grup B di perempat final nanti, menunggu antara Jepang atau Korsel sebagai calon lawan.

Untuk sementara, Korsel memimpin Grup B karena unggul disciplinary points atas Jepang. Kedua tim itu sama-sama sudah mencetak 3 gol, menang 2 kali, dan belum kebobolan. Mereka akan bentrok di Jassim Bin Hamad Stadium, Al Rayyan, pada Senin (22/4) pukul 20:00 WIB.

Target pertama Indonesia di Piala Asia U-23 2024 telah tercapai, yakni lolos ke perempat final. Selain itu, Indonesia juga bisa ke Olimpiade Paris 2024, jika ke semifinal atau menyandang predikat juara ketiga Piala Asia U-23.

Jika kalah dalam perebutan tempat ketiga, Indonesia harus kalahkan Guinea, tim peringkat 4 Piala Afrika U-23 2023, dalam laga playoff.
( Sumber)