4 Fakta Menarik Seputar Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Timnas Indonesia Catat Sejarah Kalahkan Korsel

 Masyarakat Indonesia sedang dilanda kebahagiaan usai kemenangan Timnas Indonesia U-23 melawan Korea Selatan di pertandingan Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia U-23 bertarung habis-habisan menghadapi Korea Selatan di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar pada Kamis (25/4/2024). Meski pertandingan berakhir imbang 2-2 setelah 120 menit, kemenangan akhirnya berpihak kepada Garuda Muda, karena dalam adu penalti berhasil dimenangkan Timnas Indonesia dengan skor 11-10 atas Korea Selatan.

Kemenangan itu akan membawa Timnas masuk ke semifinal Piala Asia U-23 2024.

Stadion Abdullah bin Khalifa pun menjadi saksi sejarah baru Timnas Indonesia U-23 yang semakin berkembang dan berprestasi di ajang internasional.

Berikut ini 5 fakta menarik Stadion Abdullah bin Khalifa Doha, Qatar, yang layak untuk dikunjungi saat liburan:

1. Dipakai ajang final AFC U-23 2016

Stadion ini menjadi lapangan sepakbola bagi tim dalam negeri Qatar, QSL El Jaish dan Lekhwiya. Selain menjadi tuan rumah sederet pertandingan final dalam negeri bergengsi, tempat ini juga jadi lokasi berlangsungnya final AFC U23 2016 yang digelar di Qatar.

2. Kapasitas 12.000 orang

Lapangan dan stadion ini dibuat dan didesain khusus menggunakan estetika tradisional khas Qatar, tapi tetap dengan mengedepankan teknologi mutakhir. Sebagai lapangan berlangsungnya kompetisi internasional, stadion Abdullah bin Khalifamemiliki kapasitas 12.000 orang.

3. Dibangun dalam waktu 3 tahun

Stadion ini mulai dibangun pada 2011 dan rampung pada Februari 2013. Awalnya, sebelum menjadi ajang pertandingan internasional, stadion ini dibuat sebagai kandang Lakhwiya Football Club, dengan kapasitas yang hanya sebatas 10.000 penonton. Menariknya, stadion ini memiliki panggilan lokal yaitu Stadion Lekhwiya SC.

4. Diambil dari nama perdana menteri

Nama lengkap resmi stadion ini adalah Abdullah bin Nasser bin Khalifa, diambil dari nama mantan perdana menteri Qatar. Lokasi ini juga menjadi cukup terkenal setelah dijadikan tempat pertandingan Arabian Gulf Cup ke-24 pada 2019.

Di lokasi ini juga terjadi pertandingan menarik, yaitu saat pertandingan final Bahrain berhasil mengalahkan Arab Saudi pada Arabian Gulf Cup ke-24.