Piala AFF U15, Indonesia Kalahkan Filipina 4-0

Indonesia berhadapan dengan Filipina di matchday keempat Piala AFF U-15. Garuda menang telak dengan skor 4-0.

Bertanding di Chonburi Campus Stadium 1, Thailand, Jumat (2/8/2018) sore WIB, Indonesia mengurung pertahanan Filipina sejak menit pertama.

Kerja keras Indonesia baru berbuah hasil di menit ke-25. Marselino Ferdinan melesakkan gol lewat tembakan voli keras dari luar kotak penalti.

Indonesia cuma butuh lima menit untuk menggandakan skor. Melalui penetrasi Alex Kamuru di sisi kanan, bola diteruskan ke Wahyu Agong, yang menuntaskannya dengan gol.

Pada menit ke-38, Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah Diandra Diaz dijatuhkan pemain Filipina. Marcell Januar Putra, yang maju sebagai eksekutor mengubah skor menjadi 3-0. Hasil itu bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Filipina masih dalam tekanan Indonesia. Meski terus menyerang, Indonesia baru bisa mencetak gol di menit ke-65.

Ruy Arianto melepaskan tembakan dari jarak dekat, namun bola mengenai tiang gawang. Bola rebound kembali jatuh di kakinya untuk kemudian diumpan ke Alexandro Kamuru, yang dituntaskannya menjadi gol.

Unggul 4-0 tak membuat Indonesia mengendurkan serangan. Tim besutan Bima Sakti terus menekan, namun tak ada gol tambahan hingga laga tuntas.

Kemenangan ini membuat Indonesia untuk sementara naik ke puncak klasemen Grup A Piala AFF U-15 dengan 10 poin. Posisi Indonesia bisa kembali turun jika Timor Leste mengalahkan Singapura di malam hari nanti.

Untuk Filipina, kekalahan dari Indonesia tak berarti apapun. Sebelum laga ini mereka sudah dinyatakan tersingkir dengan poin nol.

Susunan Pemain:

Filipina: Jan Reven, Zachery C, Cian Gabriel, David Nicoto, Sam Rudolfo, Kami Jaser, Domic D Tom, Ramil Bation, Eugene Tillor, Umi Martin Abelarde, Benjamin Palacio.

Indonesia: Made Kaicen, Kadek Arel, M Khakim, Resa Aditya, Wahyu Agung, Marselino Ferdinan, Diandra Diaz, Marcell Januar, Alexandro, Mikael Tata, Aditya Daffa. [detik]