News  

Wiranto Ditusuk, 3 Pejabat Ini Juga Jadi Target Pembunuhan

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto ditusuk pria tak dikenal yang diduga terpapar paham ISIS. Lima bulan lalu, Wiranto pernah jadi target pembunuhan kelompok perusuh 21-22 Mei 2019.

Rencana pembunuhan Wiranto ini diungkapkan langsung Kapolri Jenderal Tito Karnavian, pada Mei lalu. Selain Wiranto, tiga tokoh nasional lainnya juga masuk target pembunuhan.

“(Dari) Pemeriksaan resmi, mereka menyampaikan nama Pak Wiranto, Pak Luhut Menko Maritim, ketiga itu Pak Kabin, keempat Gories Mere,” kata Tito dalam jumpa pers di kantor Kemenko Polhukam Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2019).

Menanggapi hal ini, Wiranto menyatakan tidak akan surut dengan ancaman. Dia juga berkomitmen untuk terus menegakkan kebenaran.

“Memang yang diancam tidak hanya 4 orang, ada pejabat-pejabat lain yang juga diancam seperti yang saya alami. Tapi saya kira kita tidak perlu surut dengan ancaman itu. Dan kita tetap teguh untuk menegakkan kebenaran, menegakkan keamanan nasional,” ujar Wiranto di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2019).

Menurut Wiranto, rencana pembunuhan itu dimaksudkan untuk memberikan rasa takut agar pejabat tersebut mengurangi aktivitasnya dan menjadi lemah. Namun, Wiranto menegaskan dirinya tidak seperti itu.

“Biarpun ada ancaman pembunuhan ya, kita semua tetap bekerja keras sesuai dengan prosedur yang ada, dengan orientasi kami adalah mengamankan keselamatan negara. Soal nyawa itu ada di tangan Tuhan Yang Mahakuasa, Allah SWT,” tegasnya.

Sebelumnya, momen upaya penusukan itu tersebut terekam dalam video yang beredar pascakejadian, Kamis (10/9/2019). Kejadian itu terjadi di Alun-alun Menes Kecamatan Menes, Pandeglang, Banten.

Dalam video itu tampak Wiranto awalnya disalami sejumlah orang setelah keluar dari mobil. Saat Wiranto menyalami seorang petugas kepolisian, tiba-tiba muncul seorang pria dari arah belakang samping hendak menusuk Wiranto dengan gunting.

Wiranto sempat terjatuh. Kemudian, dia pun langsung dilarikan ke RSUD Pandeglang Berkah. Wiranto mengalami dua tusukan.

“Sudah terkena lapisan perut. Ada dua tusukan di lapisan peritoneumnya,” kata Dirut RSUD Pandeglang Berkah, Firmansyah, Kamis (10/10/2019).

Pelaku penusukan itu pun telah diamankan. Mabes Polri menyebut pria yang menusuk Wiranto itu terpapar paham ISIS. Ada pula seorang perempuan yang diamankan. [detik]