Inilah 3 Masjid Indah di Oman

Masjid Oman sangat sederhana. Hampir tidak ada hiasan kecuali di sekitar jendela dan menara. Ini merupakan desain standar masid di berbagai negara. Begitulah desain masjid yang ada di Oman.

Meski sederhana, kemegahan bangunan di sana menarik perhatian wisatawan man canegara. Masyarakat setempat juga merasakan kenyamanan saat beribadah di dalamnya.

Penjelajah Maroko Ibnu Batutah menggambarkan kebersihan masjid-masjid Oman. Selain untuk ibadah, masjid di sana juga dimanfaatkan untuk berkumpul dan menikmati jamuan makan untuk menambah keakraban. Berikut ini adalah tiga masjid besar yang ada di Oman.

Masjid Jami’ Sultan Qaboos
Pada 1992 Qaboos bin Said al Said, Sultan Oman, memerintahkan agar negaranya membangun masjid. Sebuah kompetisi untuk desainnya diselenggarakan pada 1993.

Setelah lokasi ditentukan, pembangunannya dimulai pada Desember 1994. Pekerjaan pembangunan dilakukan oleh Carillion Alawi LLC, memakan waktu enam tahun tujuh bulan.

Masjid ini dibangun dari 300 ribu ton batu pasir India. Ruang shalat utama berbentuk bujur sangkar berukuran 74,4×74,4 meter dengan kubah pusat yang menjulang setinggi 50 meter.

Mushala utama dapat menampung lebih dari 6.500 jamaah, sedangkan mushala wanita dapat menampung 750 jamaah. Tanah beraspal luar dapat menampung 8.000 jamaah dan ada ruang tambahan yang tersedia di halaman interior dan lorong-lorong, berkapasitas hingga 20 ribu jamaah.

Masjid Zawawi
Masjid satu ini dibangun di Al Khuwair pada 1985. Pembangunannya dilakukan oleh suku Al Zawawi untuk menghormati anggota keluarga mereka. Masjid ini memiliki kubah emas dan menara yang menjulang tinggi sebagai tanda kebanggaan dan pendengung suara azan.

Bangunan ini memiliki beberapa pintu masuk dengan lengkungan berbentuk segitiga dan pintu kayu. Tidak seperti masjid-masjid lainnya, Al Zawawi memiliki teks seluruh Alquran yang tertulis di pelat logam dan tergantung di dinding dalam masjid.

Masjid Al Zulfa
Masjid ini didirikan pada 1992 di Al Seeb Muscat. Ia juga dikenal sebagai masjid penjaga kerajaan. Masjid Al Zulfa terkenal dengan bentuk-bentuk geometris bangunannya yang unik serta desain lantainya. Ini memiliki lebih dari 20 kubah yang semuanya berwarna hijau dan emas.

Karakteristik lain yang menakjubkan di masjid adalah fitur seni kaca berwarna-warni. Desain, warna, dan bentuk khas Arab yang terlihat pada langit-langitnya juga merupakan keindahan arsitektur yang menakjubkan. Ada kaligrafi Arab yang dilukis di pintu dan jendelanya, dan dindingnya dicat dengan warna-warna cerah. [republika]