3000 Kader Hadiri Munas X Golkar

Kader Golkar Kuningkan Mega Kuningan

Ketua Organizing Commite Musyawarah Nasional (Munas) Golkar Adies Kadir mengatakan Munas dihadiri 3.000 peserta yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia.

Mereka yang menjadi peserta Munas berasal dari anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar tingkat 1, DPD Golkar tingkat 2, organisasi sayap partai Golkar, Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Golkar, dan lainnya.

“Acara nanti akan dihadiri kurang lebih 3.000 kader Partai Golkar yang ada di dalam ruangan ini, itu belum yang ada di Marriott dan hotel-hotel di sekitar, hadir kurang lebih hampir 7.000 lah dari seluruh Indonesia kader Partai Golkar di Jakarta, tetapi yang bisa masuk 3.000,” kata Adies Kadir di lokasi Munas.

Munas akan dihadiri dan dibuka Presiden Jokowi. Akan hadir pula menurutnya sejumlah Ketua Umum Parpol, Kabinet Indonesia Maju, serta sejumlah duta besar negara sahabat. “Persiapan kami untuk acara nanti malam insya Allah Pak Presiden confirm hadir, ” katanya.

Penyelenggaraan Munas yang rencananya akan berlangsung selama empat hari tersebut menurut Adies sudah 99,9 persen.

Begitu pula persiapan rangkaian acara yang salah satunya pemilihan Ketua Umum Golkar. “InsyaAllah tadi sudah gladi bersih, persiapan sudah 99,99 persen tinggal kami mohon doa restu dari rekan-rekan semua,” katanya.

Jalan Lingkar Mega Kuningan Menguning

Jalan Lingkar Mega Kuningan, Jakarta Selatan, tempat lokasi Munas Partai Golkar menguning, Selasa (3/12/2019) malam. Bagaimana tidak, jalan tersebut merupakan akses masuk ke Hotel Ritz-Carlton tempat Munas X Partai Golkar berlangsung.

Ratusan bahkan mungkin ribuan kader Golkar kompak memakai pakaian dengan warna dasar kebesaran partai berlambang pohon beringin tersebut. Berdasarkan pengamatan di lokasi sekira pukul 19.30 WIB, mereka nampak memenuhi badan jalan, tepat di depan lobi Hotel The Ritz-Carlton.

Seorang kader Partai Golkar yang ditemui di lokasi, mengaku menumpuknya mereka di luar hotel lantaran tidak punya id card alias kartu identitas kepesertaan Munas. “Nggak ada id card, jadi nggak bisa masuk,” ucap dia.

Ditanya ihwal alasan mengapa tak kebagian id card, dirinya hanya mengatakan kondisi semacan ini sudah biasa terjadi. “Pastilah nggak dapat, kan nggak semuanya,” jelasnya lagi.

Acara Munas Golkar sendiri sudah dimulai sejak pukul 19.00 WIB. Munas X Partai Golkar rencananya digelar selama empat hari ke depan mulai Selasa (3/12/2019) hingga Jumat (6/12/2019). Salah satu agenda utama Munas tak lain untuk memilih ketua umum periode 2019-2024.

Prabowo hadiri pembukaan Munas Golkar

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto hadir dalam acara pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Golkar di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Prabowo yang kini menjabat Menteri Pertahanan tersebut tiba di lokasi Munas Golkar sekitar pukul 18.50 WIB. Prabowo hadir dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang lengkap dengan kopiah hitam.

Kehadirnya tampak didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Tiba di Hotel, Prabowo terlebih dahulu masuk ke dalam ruangan VVIP sebelum kemudian menuju ballroom tempat acara pembukaan Munas berlangsung.

Prabowo tidak berkomentar sedikit pun saat tiba di lokasi Munas. Ia terus berjalan sambil berbincang dengan Agus Gumiwang. Tidak hanya Prabowo, tampak hadir pula sekretaris Jenderal NasDem yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.

Sama seperti Prabowo usai dari ruangan VVIP ia langsung menuju lokasi acara Munas yang rencananya akan dibuka Jokowi.

Jokowi kenakan batik motif kuning

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) X Partai Golkar di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019).

Pantauan Tribunnews, Jokowi tiba di lokasi Munas Golkat sekira pukul 19.20 WIB. Jokowi tampak mengenakan pakaian batik motif kuning saat hadir di lokasi pembukaan Munas Golkar.

Kadatangan Jokowi, terlihat didampingi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Turut hadir di belakang Jokowi, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), serta Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Rombongan Jokowi disambut teriakan “hidup Jokowi, hidup Golkar”. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Turut hadir dalam acara pembukaan Munas X Golkar yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir.

Hadir pula Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, Politisi Senior PAN Bara Hasibuan, Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan. Acara Munas X Partai Golkat rencananya digelar selama 4 hari mulai Selasa (3/12/2019) hingga Jumat (6/12/2019).

Agenda Munas X Golkar salah satunya untuk memilih ketua umum Golkar periode 2019-2024. {tribun}